√ 17+ Tips Budidaya Anggur Brazil Agar Cepat Berbuah (Termudah)

Anggur brazil merupakan tanaman yang berasal dari amerika selatan (brazil, argentina, bolivia, paraguay). Tanaman ini biasanya bisa berbuah 1-2 kali dalam setahun apabila umurnya sudah mencukupi untuk berbuah. Anggur ini juga biasanya disebut sebagai anggur batang, jaboticaba, dan kupak landak.

Perbedaan yang mencolok antara anggur ini dengan anggur biasa adalah tidak memerlukan para-para untuk tempat merambat, akan tetapi tanaman ini memiliki batang yang kokoh dan bisa tumbuh besar layaknya pohon yang berusia lama.

Artikel kali ini akan membahas mengenai seluk beluk anggur brazil mulai dari ciri-cirinya, cara budidaya, carqa membuat bonsai, serta cara merawatnya.

Ciri-Ciri Anggur Brazil

Tanaman Anggur Brazil
decyra

Tanaman anggur batang atau jaboticaba memiliki beberapa ciri-ciri yang berbeda daripada tanaman anggur pada umumnya karena memang tanaman ini hanya mirip anggur saja dan bukan dari spesies anggur. Kita bisa mengetahui beberapa ciri-ciri dari jaboticaba sebagai berikat :

  • Jaboticaba memiliki rasa yang unik. Semakin tua usia pohon ini, maka semakin istimewa juga rasanya. Buahnya memiliki raa yang manis dan segar.
  • Tanaman ini termasuk lama berbuah karena memiliki interval watku berbuah yang lama sekitar 8 sampai 15 tahun.
  • Usia tanaman ini bisa mencapai ratusan tahun.
  • Tanaman ini bukan tanaman merambat seperti tanaman anggur yang merambat. Fisik dari tanaman ini dapat tumbuh menjadi besar, berkayu, memiliki banyak cabang, dan berdiri tegak dan kokoh.
  • Buah anggur brazil muda memiliki warna hijau, dan buah yang sudah matang berwarna hitam keunguan dibagian kulitnya dan berwarna putih dibagian daging atau dalamnya. Unik nya lagi buah nya ini menempel di batang pohonnya. Didalam satu buah biasanya terdapat 1-5 biji kecil.

Budidaya Anggur Brazil

Budidaya anggur Brazil
Photo on youtube.com

Tanaman Anggur brazil atau Jaboticaba merupakan salah satu jenis tanaman tropis dan sangat cocok apabila dibudidayakan di Indonesia yang merupakan daerah tropis. Selain itu, tanaman ini cocok ditanam di daratan rendah maupun tinggi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai budidaya tanaman anggur brazil yaitu :

1. Lokasi Budidaya

Untuk memulai budidaya anggur batang atau jaboticaba ini tentu harus memilih lahan terlebih dahulu. Untuk budidaya anggur brazil bisa ditanam dengan menggunakan pot ukuran besar, pekarangan rumah, ataupun di lahan perkebunan (daratan rendah ataupun tinggih)

Beriktu ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi  yaiu :

  • Untuk lokasi perkebunan bisa mencari lahan dengan ketinggian 0 – 1000 meter diatas laut.
  • pastikan lokasi budidaya mendapatkan sinarmatahari yang cukup (langsung terkena sinar matahari)
  • jenis tanah yang harus gembur, dan mempunyai unsur hara yang cukup.
  • Lahannya memiliki daya serap air yang bagus
  • Usahakan PH tanah nya berkisar antara 5,5 sampai 6,5
  • Lokasi lahan tanam harus bersih dari ilalang atau rumput liar yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman anggur batang.
  • Lokasinya lahan tidak tertutupi oleh pohon besar di sekitarnya.

2. Memilih Bibit Anggur Brazil yang Unggul dan Berkualitas

Bibit yang unggul dan berkualitas tentunya akan sangat berpengaruh sekali terhadap proses perkembangan tanaman dan buahnya. Untuk melakukan pembibitan bisa menggunakan biji maupun cangkok/stek. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri bibit unggul yang berasal dari cangkok atau stek yaitu :

  • Bibitnya nampak sehat dan segar
  • Memiliki daun yang lebat dan berwarna hijau
  • Terbebas dari hama penyakit
  • Memiliki batang dan akar yang kokoh

3. Membuat Lubang Tanam 

Langkah ketiga setelah pemilihan lahan tanam dan pemilihan bibit unggul adalah membuat lubang tanam pada lahan yang sudah ditentukan sejak awal. Buatklah lubang tanam dengan ukuran sekitar 50 cm x 50 cm x 50 cm dengan menggunakan cangkul ataupun dengan peralatan pertanian yang lainnya.

Jarak lubang tanam minimal dibuat sejau 50 sampai 60  meter antara tanaman satu dengan yang lainnya. Tujuannya adalah agar batang tanaman bisa menyerap nutrisi yang ada di dalam tanah secara maksimal.

Setelah lubang tanam sudah selesai digali, kemudian didalamnya bisa dicampur dengan pupuk kandang dan setelah itu ditutup kembali. proses ini dibiarkan selama 2-3 hari agar menghilangkan gas-gas beracun yang ada di dalam tanah galian.

4. Menanam Bibit Anggur Brazil 

Lubang tanam yang sudah didiamkan selama 2-3 hari sudah bisa dignunakan untuk ditanami dengan bibit anggur brazil.  Masukkan bibit anggur yang sudah disiapkan ke dalam lubang tanam.

Perhatikan posisi bibit harus lurus ke atas agar akar nya bisa menancap dengan kuat dan agar pohonnya kelak tidak miring ketika sudah tumbuh besar. Untuk mebuat tanaman agar tetap lurus bisa juga dipasang ajir yang bisa terbuat dari bambu dengan ukuran sekitar 1,5 meter.

ajir ini memiliki fungsi untuk membuat bibit tetap kokoh ketika terkena angin kencang ataupun gangguan yang lainnya. setelah selesai, tutup kembali dengan tanah galian yang ada di samping lubang tanam.

Cara Membuat Bonsai Anggur Brazil

Cara membuat bonsai anggur brazil
Photo on brusselsbonsai.com

Bonsai kupak landak merupakan salah satu tanaman bonsai yang memiliki harga yang lumayan tinggi. Teman-teman bisa juga membuat bonsai kupak landak dengan beberapa cara dibawah ini yaitu :

1. Persiapan Bahan dan Alat

Tahap pertama adalah mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat bonsai anggur. Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus disiapkan yaitu :

  • Bonggol kupak landak. Pilih bonggol yang berukuran cukup besar dan sesuai selera.
  • Media tanam berupa pot yang sesuai dengan ukuran bonggol anggur brazil.
  • Kawat stainless stell dengan ukuran 3 milimeter untuk proses pembentukan pola pada bagian batang yang nantinya akan dijadikan bonsai.
  • Gunting tanaman
  • Tang

2. Media tanam untuk bonsai

Bonsai kupak landak memerlukan nutrisi tanaman yang cukup, tidak berlebihan maupun kekurangan. Sehingga harus sangat diperhatikan untuk isi pot yang nantinya akan dijadikan sebagai media tanam. Isi dari pot yang harus dimasukkan kedalamnya yaitu:

  • Tanah gembur dengan sedikit unsur hara
  • Pasir
  • Batu kerikil kecil

3. Pembentukan Pola Bonsai

Untuk membentuk batang bonsai sesuai dengan keinginan bisa dengan menggunakan kawat stainless stell. Proses pembentukan ini harus dilakukan secara hati-hati dan tidak membuat kawat menjadi patah. Tidak ada ataruan pasti mengenai pelilitan kawat pada batang bonsai, jika dirasa sudah mendapatkan pola yang sesuai, maka kawat bisa dilepas.

Selain untuk membentuk pola tertentu pada bonsai, kawat ini juga berfungsi sebagai penahan batang bonsai. Cara membentuk pola bonsai kupak landak yaitu dengan cara melilitkan kawat secara melingkar pada pola dari pangkal dhan menuju ujung dahan.

Apabila teman-teman merasa kesulitan untuk melilitkannya, maka bisa menggunakan bantuan tang untuk memudahkan melilitnya. Lilitan kawat yang kencang pada saat proses bonsai bisa menjadi hiasan indah tersendiri.

4. Perawatan Bonsai Anggur Brazil

Dalam pembuatan bonsai tentu saja perlu perawatan agar bonsai yang sudah dibuat tetap indah. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam perawatan bonsai kupak landak yaitu :

  • Pemupukan : Pupuk yang biasa digunakan untuk bonsai ini menggunakan pupuk organik yang dicampur dengan air. Takaran pemberian pupuk harus sesuai agar tidak berlebihan.
  • Penyiraman : Siram media tanam pada bonsai kupak landak secara rutin setiap hari.
  • Pemangkasan : Pemangkasan daun dan dahan pada bonsai juga pelu dilakukan agar bonsai selalu terlihat indah dan menarik.
  • Penyiangan : Penyiangan dilakukan apabila disekitar media tanam tumbuh rumput liar. Teman-teman bisa menambahkan lumut pada permukaan media tanam sebagai solusi agar rumput liar tidak tumbuh di sekitar media tanam.

5. Pembukaan Kawat pada bonsai

Ketika posisi kawat yang terdapat di batang bonsai sudah terlihat tenggelam, maka kawat sudah bisa dicabut untuk membentuk batang tersbut. Setelah kawat di buka, batang bonsai tentu akan terbentuk sesuai dengan lilitan kawat yang dipasnag sebalumnya. Teman-teman hanya perlu untuk memperhatikan pertumbuhan bonsai dengan baik.

Jika akar sudah nampak tidak teratur, itu pertanda bahwa bonsai harus segera dipindah ke pot yang lebih besar lagi.

Cara Merawat Anggur Brazil Supaya Cepat Berbuah

cara merawat Jaboticaba
Photo on getlink.pro

Marawat tanaman kupak lapuk agar cepat berbuah butuh ketelatenan dan keuletan dari pemilik tanaman. berikut ini adalah beberapa tips merawat tanaman kupak lapuk agar cepat berbuah yaitu :

1. Pemberian Pupuk

Untuk pemberian pupuk bisa dilakukan dengan memberikan pupuk organik, pupuk kimia, ataupun kombinasi dari keduanya. Pemberian pupuk bisa dilakukan 1 bulan sekali sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.

Pupuk yang diberikan untuk Jaboticaba  ini seperti NPK buah, Pupuk kandang/ kompos, POC BMW, dan KOCOR BMW. Berikut ini adalah beberapa tips komposisi untuk pupuk kombinasi maupun organik yang bisa dberikan untuk tanaman ini yaitu :

Organik

 

Kombinasi Oorganik + Kimia

 

1 Sdm KOCOR BMW + 1 Sdt POC BMW

 

20 Butir NPK Buah + 1 Kg Pupuk Kandang/Kompos + 1 Sdt POC BMW

POC BMW merupakan hormon perangsang buah yang berguna untuk merangsang tanaman agar buah bisa cepat muncul. Selain komposisi pupuk diatas, pemberian POC BMW juga bisa dicampur dengan menggunakan air.

Campurkan 2-3 tutup POC BMW dengan 1 tangki air (ukuran 15 liter) dan semprotkan ke tanaman dengan interval atau jangka waktu sekitar 7-10 hari.

2. Penyiraman

Penyiraman pada tanaman Jaboticaba bisa dilakukan minimal 1-2 kali dalam sehari sesuai dengan kelembaban tanahnya.

3. Pemeliharaan Hama

Tentunya dalam proses pertumbuhan ada banyak gangguan termasuk serangan dari hama. Hama ini bisa berupa rumput liar atau ilalang, hewan kecil pemakan daun ataupun yang lainnya. Hal ini tidak menyebabkan kematian pada tanaman anggur brazil, akan tetapi ini bisa membuat pemandangan disekitar tanaman menjadi tidak bagus. Oleh karena itu, jika ada rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman bisa dibersihkan agar selalu indah dan bersih.

Masa Panen

panen jaboticaba
Photo on miamifruit.org

Bibit jaboticaba yang ditanam sejak melalui biji bisa mulai dipanen ketika sudah berumur 8 tahun. Sedangkan untuk bibit yang berasal dari cangkok atau stek bisa dipanen lebih cepat yaitu sekitar umur 3 tahun. Tentunya diiringi dengan pemberian nutrisi yang cukup.

Penutup

Anggur brazil atau anggur batang termasuk tanaman yang langka yang mempunyai usia yang lama. Tak heran banyak orang yang mencari tanaman ini untuk dibudidayakan atau dirawat sendiri, bahkan dijadikan sebagai bonsai untuk diikut sertakan kedalam lomba.

Harga bibit jaboticaba ini sangat bervariasi sekali mulai dari harga Rp. 7000 hingga ratusan ribu sesuai dengan ukuran bibitnya. Sedangkan untuk harga bonsai anggur batang atau anggur brazil ini bisa mencapai 750 juta rupiah.

Itulah penjelasan mengenai anggur bazil yang dapat kami sampaikan. Seemoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang ingin menanam ataupun membuat bonsai Jaboticaba.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *