√ Bacaan Doa Sujud Tilawah Beserta Panduannya Lengkap

Bacaan Doa Sujud Tilawah 2

Sujud tilawah merupakan sujud yang dilakukan ketika seorang muslim membaca atau mendengarkan ayat-ayat sajadah yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Sedangkan ayat sajadah merupakan ayat yang menerangkan atau memerintahkan untuk bersujud. Taukah teman-teman bagaimana bunyi doa sujud tilawah dan tata caranya?

Kali ini kami akan membahas seputar sujud tilawah lengkap dengan panduan dan bacaan doanya, sehingga bisa diaplikasikan oleh teman-teman semua ketika membaca atau mendengar ayat-ayat sajadah.

Tata Cara Sujud Tilawah

Berikut ini adalah tata cara untuk melaksanakan sujud tilawah yaitu :

  1. Sujud tilawah dilakukan dalam sekali sujud saja.
  2. Sujud tilawah sama persis dengan sujud pada sholat.
  3. Sujud tilawah tidak memakai takbiratul ikhram, melainkan langsung sujud

Doa Sujud Tilawah

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ

“Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan, Maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta”. (HR. Ahmad, Abu Dawud, Hakim, Tirmidzi dan nasa’i).

Ayat-Ayat Sajadah Dalam Al Qur’an

Ayat-ayat sajadah yang tersebar di dalam Al Qur’an berjumlah 15 ayat. Berikut ini adalah ayat-ayat sajadah yaitu:

  • Al A’raf (7) ayat ke 206
  • Ar-Ra’d (13) ayat ke 15
  • An-Nahl (16) ayat ke 50
  • Al-Isra; ayat ke 109
  • Maryam (19) ayat ke58
  • Al-Hajj (22) ayat ke 18
  • Al-Hajj ayat ke 77
  • Al-Furqan (25) ayat ke 60
  • An-Naml (27) ayat ke 26
  • As-Sajadah (32) ayat ke 15
  • Shaad (38) ayat ke 24
  • Fussilat (41) ayat ke 38
  • An-Najm (53) ayat ke 62
  • Al-Insyiqaq (84) ayat ke 21
  • Al-‘Alaq (96) ayat ke 19

Keutamaan Sujud Tilawah

Sujud tilawah memiliki keutamaan-keutamaan sebagaimana amalan lainnya. Berikut ini adalah beberapa keutamaannya yaitu :

  1. Dijauhkan dari api neraka dan masuk surga. Sebagaimana hadist di bawah ini yang berbunyi :

إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِى يَقُولُ يَا وَيْلَهُ – وَفِى رِوَايَةِ أَبِى كُرَيْبٍ يَا وَيْلِى – أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِىَ النَّارُ

Jika anak Adam membaca ayat sajadah, lalu dia sujud, maka setan akan menjauhinya sambil menangis. Setan pun akan berkata-kata: “Celaka aku. Anak Adam disuruh sujud, dia pun bersujud, maka baginya surga. Sedangkan aku sendiri diperintahkan untuk sujud, namun aku enggan, sehingga aku pantas mendapatkan neraka.” (HR. Muslim no. 81)

  1. Mengangkat derajat orang yang melakukannya dan menghapuskan dosa. Sebagaimana dalam hadis riwayat muslim dari Tauban disebutkan, bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda :

عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّكَ لاَ تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلاَّ رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً

Perbanyaklah sujud kepada Allah. Sesungguhnya jika engkau bersujud sekali saja kepada Allah, dengan itu Allah akan mengangkat satu derajatmu dan juga menghapuskan satu kesalahanmu”.

  1. Sujud merupakan aman yang bisa mendekatkan seseorang dengan Rasulullah Saw di surga. Sebagaimana Hadist dibawah ini yang berbunyi :

كُنْتُ أَبِيتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَأَتَيْتُهُ بِوَضُوئِهِ وَحَاجَتِهِ ، فَقَالَ لِي : سَلْ ، فَقُلْتُ : أَسْأَلُكَ مُرَافَقَتَكَ فِي الْجَنَّةِ ، قَالَ : أَوْ غَيْرَ ذَلِكَ ، قُلْتُ : هُوَ ذَاكَ ، قَالَ : فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ

“Suatu ketika saya bermalam bersama Rasulullah saw., lalu saya membawakan air untuk wudu dan hajatnya. Kemudian beliau berkata kepada saya, ‘Mintalah.’ Saya berkata, ‘Saya minta agar bersamamu di surga. Beliau berkata lagi, ‘Ada lagi?.’ Saya berkata, ‘Itu saja.’ Lalu belau berkata, ‘Bantulah aku (untuk mewujudkan keinginanmu) dengan memperbanyak sujud.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat mengenai sujud tilawah yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pribadi maupun teman-teman. Dan untuk membaca artikel lengkap seputar doa-doa, teman-teman bisa membuka alhadiibrahim.com

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply