1
18

11+ Jenis Ikan Louhan Terpopuler (Kamu Wajib Tau)

Pada tahun 2000-an, ikan louhan menjadi ikan hias paling viral di Indonesia. Ikan louhan (flowerhorn) yang awalnya berasal dari Negara Malaysia dan Taiwan ini banyak ditemui karena akibat dari perdagangan ikan. Taukah teman-teman apa saja jenis ikan louhan yang banyak beredar saat ini dan mempunyai harga yang mahal?

Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa jenis ikan louhan, harga, dan cara merawatnya. Langsung saja kita simak artikel dibawah ini !!!

 

Jenis-jenis Ikan Louhan

Jenis Ikan louhan sangat banyak sekali. berikut ini adalah beberapa macam ikan louhan yang populer dan memiliki harga yang lumayan tinggi yaitu :

  1. Ikan Louhan Kamfa

Jenis Ikan Louhan Kamfa

Photo on photonshouse.com

Jenis ikan louhan kamfa merupakan ikan yang berasal dari Singapura yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Louhan kamfa juga sering disebut dengan sebutan ikan louhan golden flower (bentuk bintiknya mirip seperti bunga).

Harga ikan louhan kamfa anakan dijual seharga Rp. 850.000 per ekor, dan ikan louhan kamfa dewasa standar dibandrol dengan harga 3.500.000 hingga puluhan juta per ekor. harga ikan dewasanya bisa lebih mahal lagi sesuai dengan corak warna dan jenong yang dimilikinya.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari ikan louhan kamfa yaitu :

  • Memiliki warna sisik yang kalem
  • Memiliki bentuk mata yang cekung dan berwarna kuning atau putih
  • Memiliki bentuk pipi yang ramping
  • Pada tubuhnya terdapat bintik putih (bagian sirip dan ekor) dan bintik hitam di bagian tubuhnya.
  1. Ikan Lohan Strom

 

Jenis ikan louhan strom memiliki ciri khas yang unik dan menarik. Louhan ini tersebar di Indonesia belum begitu lama dibandingkan dengan jenis louhan yang lainnya.

Ciri-ciri dari louhan strom yaitu memiliki tiga kombinasi yang unik yaitu merah, biru, dan hitam. Semakin unik corak warna yang ada di tubuhnya maka harganya juga akan semakin mahal.

Ikan louhan strom dewasa dibandrol sekitar harga Rp. 2.500.000 per ekor. Sedangkan untuk anakannya dijual dengan harga Rp. 650.000 per ekor.

  1. Ikan Louhan Kemalau

Ciri-ciri dari ikan louhan kemalu yaitu memiliki perpaduan warna antara merah tua (bagian kepala hingga poertengahan tubuh) dan merah muda (bagian pertengahan tubuh hingga ekor).

Harga ikan kemalau anakan dijual seharga Rp. 150.000 per ekor, sedangkan untuk ikan kemalau dewasa dijual seharga Rp. 600.000 per ekor.

  1. Ikan Louhan Thai Silk

Ikan Louhan Thai Silk

Photo on pinterest.com

Ikan louhan thai slik berasal dari Thailand yang tergolong dari varietas ikan louhan mutiara dan akan semakin mahal ketika tubuhnya semakin tertutup oleh mutiara. Ikan ini memiliki ciri yang unik yaitu :

  • Seluruh tubuhnya ditutupi oleh mutiara
  • Memiliki warna perpaduan antara putih dan silver
  • Memiliki mata berwarna merah
  1. Ikan Louhan Cechu

Jenis Ikan louhan Cenchu

Photo on kaskus.co.id

Jenis ikan Louhan Zenzhu atau cenchu biasa di kenal dengan nama ikan louhan mutiara. Ikan ini memiliki dua jenis yaitu ikan louhan cencu klasik dan ikan louhan cencu modern.

Ciri utama louhan cenchu yaitu pada tubuhnya terdapat dua perpaduan warna yaitu, warna merah pada bagian kepala hingga tubuh bagian tengah, dan warna kuning keemasan pada sebagian tubuh bagian tengah hingga ekor.

Harga yang dibandrol untuk mendapatkan ikan louhan cenchu sekitar Rp. 150.000 per ekor. Sedangkan untuk ikan louhan cenchu dewasa dijual Rp. 750.000  hingga Rp. 2.000.000 per ekor sesuai dengan kualitasnya.

Ada beberapa perbedaan antara louhan cenchu klasik dan modern berdasarkan motif mutiaranya yaitu :

Louhan cencu klasik

Lohan cenchu moderen

Mutiara yang ada di tubuhnya lebih sedikit

Mutiara yang ada di tubuhnya lebih banyak

Memiliki ukuran tubuhnya tidak terlalu besar

Memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada louhan cenchu klasik

Memiliki warna dominan merah pada tubuhnya

 

  1. Ikan Louhan Bonsai

Ikan louhan bonsai mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan ikan louhan yang lainnya. Ikan ini memiliki tubuh yang kecil walaupun sudah dewasa.

Harga yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan ikan louhan bonsai anakan seharga Rp. 250.000 per ekor dan untuk dewasanya sekitar Rp. 800.000 per ekor. harga ikan louhan bonsai dewasa ini bisa bertambah semakin mahal jika ukuran tubuhnya semakin kecil dan mempunyai corak warna yang cantik dan indah.

  1. Ikan Louhan Rainbow King

Ikan Louhan Rainbow King

Photo on busy.org

Louhan Rainbow king merupakan jenis ikan louhan yang sering dikutsertakan dalam beberapa kontes internasional dan dinobatkan sebagai raja louhan. Ikan yang berasal dari Singapura ini telah banyak mengalahkan ikan louhan jenis lainnya.

Laouhan ini disebut rainbow king karena warna tubuhnya yang menyerupai warna pelangi dan membuatnya nampak lebih indah.

Harga ikan louhan rainbow king  dewasa di jual dengan harga Rp. 3.000.000 per ekor dan ikan louhan rainbow king anakan dijual seharga Rp. 650.000 – Rp. 1.000.000 per ekor.

  1. Ikan Louhan Golden Base

jenis ikan louhan golden base

Photo on blogspot.com

Ikan louhan golden base memiliki warna merah (sedikit kekuningan) yang dipadukan dengan pola bintk putih pada seluruh bagian tubuhnya mulai dari kepala hingga ekornya.

Harga yang dibandrol untuk mendapatkan jenis ikan louhan golden base terbilang cukup mahal yaitu sekitar Rp 1.800.000 per ekor. Sedangkan untuk ikan louhan golden base anakan bisa didapatkan dengan harga Rp. 450.000 per ekor.

  1. Ikan Louhan SRS (Super Red Synspillum)

Jenis ikan Louhan Super Red Synspillum

Photo on ebay.com

Louhan SRS atau super red synspillum merupakan ikan yang berasal dari Thailand yang memiliki warna merah cerah bercampur dengan orange yang membuatnya terlihat indah dan menawan ketika berenang.

Louhan ini memiliki daya tahan tubuh yang bagus terhadap penyakit. Untuk harga ikan louhan anakan louhan SRS sekitar Rp. 500.000 per ekor dan untuk ikan louhan dewasanya sekitar Rp. 2.500.000 per ekor (ukuran 35 centimeter).

  1. Ikan Louhan SRT (Super Red Texas)

Jenis Ikan Louhan Super Red Texas

Photo on Youtube.com

Louhan super red texas merupakan hasil dari perkawinan silang antara louhan red golden red dengan texas chiclod. Jenis ikan louhan ini juga berasal dari thailand yang pembiakannya melalui proses campur tangan manusia (peternak).

Ciri-ciri dari louhan jenis ini yaitu memiliki warna merah merona dengan paduan bintik putih (mutiara) pada seluruh tubuhnya. Dan juga louhan ini termasuk kedalam jenis ikan louhan yang memiliki jenong yang kecil walupun sudah dewasa nantinya.

Ikan louhan SRT dewasa dibandrol dengan harga yang lumayan mahal yaitu berkisar Rp. 2.300.000 per ekor. Sedangkan untuk ikan louhan SRT anakan dijual dengan harga Rp. 600.000 per ekor.

  1. Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Jenis Ikan Louhan Super Red Dragon

Photo on f15louhan.blogspot.com

Ikan louhan super red dragon merupakan salah satu ikan louhan yang berasal dari Thailand. Ikan ini banyak dikenal di berbagai negara termasuk Indonesia.

Ikan ini memiliki warna merah menyala pada bagian kepalanya (termasuk jenong atau nonong). Harga yang dibandrol untuk ikan SRD dewasa sekitar Rp 1.500.000 hingga Rp.2.000.000 per ekor, dan untuk harga ikan louhan SRD anakan dijual sekitar Rp. 400.000 per ekor.

Ikan louhan SRD bisa lebih mahal lagi apabila louhan tersebut merupakan ikan kulitas super yang disertai dengan warna yang cerah dan jenong atau nonong yang semakin menonjol atau besar.

Cara merawat Ikan Louhan di Akuarium

setelah memutuskan untuk memilih jenis ikan louhan yang sesuai dengan keinginan, makaperlu juga untuk merawatnya agar menjadi ikan hias yang bisa menjadi penghilang lelah ketika memandangnya. nberikut ini adalah beberapa tips merawat ikan louhan di akuarium yaitu :

1. Siapkan Akuarium

siapkan akuarium

Photo on ghiroph.com

Tentunya sebelum memutuskan untuk memulai memelihara ikan louhan, teman-teman harus menyiapkan tempa tinggal ikan terlebih dahulu berupa akuarium. Ukuran ideal akuarim biasanya 3 hingga 4 kali lebih besar dari pada ukuran ikannya. Hal ini bertujuan agar ikan louhan tidak stress ketika berada di dalam akuarium, serta bisa bergerak dengan bebas dan leluasa.

2. Alat Pendukung

Alat Pendukung (filter air)

Photo on pokelagu.com

Selain menyiapkan akuraium, tentu teman-teman juga harus memperhatikan alat pendukung yang bisa membuat ikan louhan tetap hidup di dalam akuarium. Berikut ini adalah beberapa peralatan pendukung yang harus disiapkan yaitu :

  • Aerator

Aerator adalah alat yang memiliki fungsi untuk mensuplai udara ke dalam akuarium agar udara atau O2 yang ada di dalamnya tetap terjaga dan membuang sisa respirasi ikan ke luar akuarium.

  • Filter

Filter merupakan alat yang berfungsi untuk menyaring partikel-partikel yang ada di akuarium agar tetap dalam kondisi bersih. Akan tetapi teman-teman tetap harus mengganti air yang ada di dalam akuarium secara teratur (minimal 1 bulan sekali) agar air selalu bersih dan meringankan fungsi filter itu sendiri.

  • Lampu

Tentunya  akuarium perlu diberikan cahaya yang berfungsi sebagai penerangan dan memperindah akuarium teman-teman. Untuk mapu sendiri bisa menggunkan lampu TL (tubular lamp) atuapun lampu UV.

Ukuran lampu TL yang ideal digunakan untuk menerangi akuarium yaitu 80 cm x 40 cm dengan daya 20 watt. Hal ini bertujuan agar suhu yang ada di dalam akuarium tetap normal.

  • PH Air

PH air yang ada didalam akuarium juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup louhan yang teman-teman pelihara. PH air ideal untuk akuarium adalah 6,5 – 7,5. Untuk mengatasi penurunan PH air yang ada di dalam akuarium yaitu dengan cara memberikan kapur ke dalamnya.

  • Heater dan Thermometer

Heater dan termometer memiliki fungsi untuk memastikan suhu yang ada didalam akuarium selalu dalam kenadaan normal agar perkembangan ikan louhan bisa berkembang dengan baik. Perkembangan ikan louhan akan menjadi lebih lambat ketika suhu yang ada didalam akuarium menjadi dingin.

3. Hias Akuarium

Hias Akuarium

Photo on thesprucepets.com

Menghias akuarium tentunya sangat dianjurkan sekali agar ikan louhan yang ada didalamnya tidak mengalami stress. Selain itu, menghias akuarium membuat akuarium nampak indah dan enak dipandang. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu disiapkan untuk menghias akuarium teman-teman yaitu :

  • Tanaman Air

Ikan louhan hidup di sungai atau danau yang memiliki banyak persembunyian yang salah satunya adalah tanaman air. Tujuannya adalah untuk melindungi diri dari predator maupun yang lainnya.

Oleh karena itu, sangat perlu sekali menyediakan tanaman air di dalam akuarim untuk keberlangsungan hidup louhan.

  • Pasir

Pasir berfungsi sebagai alas untuk meletakkan batu atau kerikil di dalam akuarium. Pasir yang bagus digunakan untuk diletakkan di dalam akuarium yaitu pasir sungai yang masih memiliki campuran dengan humus.

  • Batu-batuan

Batu-batuan ini berfungsi untuk mempercantik tampilan yang ada di dalam akuarium. Teman-teman bisa menggunakan batu ataupun kerikil (baik yang putih maupun berwarna) yang memiliki ukuran sekitar 3 mm atau sesuai selera untuk diletakkan di akuarium.

Makanan Yang Cocok Untuk  Ikan Louhan

Ikan Louhan Diberi Makan Kelabang

Photo on youtube.com

Memberikan makan ikan louhan yang cocok bisa membuat penampilan dari ikan tersebut lebih indah dan memiliki nilai tambah tersendiri. Baik memberikan Makanan ikan louhan agar cepat Jenong maupun memberikan makan ikan louhan agar warananya terlihat Cerah dan lebih cantik .

Ikan louhan bisa diberikan pakan alamai maupun pakan buatan *(buatan sendiri atau buatan pabrik). Banyak sekali jenis makanan ikan yang alamai maupun buatan untuk memperbagus warna dan membuat jenon jadi lebih besar.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan alami dan buatan untuk ikan louhan untuk pertumbuhan jenong atau nonong, serta untuk memperindah dan mempercantik warna pada tubuhnya yaitu :

  • Cacing
  • Udang
  • Kelabang
  • Jangkrik
  • Pelet Head Up Louhan
  • Pelet Yukari Louhan
  • Pelet Tertra Louhan (efektif untuk pertumbuhan jenong atau nonong jenis ikan louhan super red dragon)

Tips Agar Ikan Louhan Memiliki Warna Yang Cerah dan Indah

Faktor yang membuat warna ikan louhan menjadi cerah dan indah ada dua yaitu, faktor gen bawaan dan faktor internal yang memang memiliki bakat untuk berwarna merah. Akan tetapi kalau bakat tersebut tidak didukung dengan pemberian pakan yang tepat maka tidak akan maksimal.

Berikut ini adalah beberapa tips agar warna ikan louhan milik teman-teman mempunyai warna yang cerah dan indah yaitu :

  1. Berikan makanan yang didalmanya terdapat kandungan  betacarotene atau astaxanchin yaitu, udang, cacing darah, cacing pisang, sayur-sayuran dan spirulina.
  2. Berikan pakan secukupnya (tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit). hal ini bertujuan untuk mempertahankan warna ikan louhan agar tidak menghitam atau pucat.
  3. Selalu menjaga kondisi air yang ada di dalam akuarium supaya tetap bersih. Ganti air secara berkala sebanyak 20%-30% dalam waktu 1-2 minggu sekali.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis ikan louhan dan cara merawatnya yang bisa kami sampaikan. Semoga pengetahuan yang sedikit ini bisa menambah wawasan teman teman tentang ikan louhan dan cara merawatnya.

Apabila teman-teman ingin menanyakan sesuatu mengenai ikan louhan bisa mengisi dibagian kolom komentar yang ada di bawah.

Sekian dan Terimakasih. 🙂

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply