7+ Jenis Lobster Air Tawar dan Air Laut Terlengkap

Jenis Lobster – Lobster merupakan salah satu  hewan air yang mempunyai nilai ekonomi lumayan  tinggi karena bisa dijadikan sebagai hewan hias atau hewan konsumsi untuk manusia. Lobster  ini termasuk salah satu keluarga udang karena memiliki bentuk tubuh yang mirip seperti udang.

Hewan ini memiliki  3 bagian utama yaitu bagian depan yang terdapat capit seperti kepiting, bagian kepala yang disebut dengan Cephalotorax dan bagian tubuh yang disebut dengan abdomen.

Lobster termasuk hewan yang aktif pada malam hari (nokturnal) dan melakukan pergantian kulit (proses moulting).

Artikel kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis lobster air tawar maupun lobster air laut. Mari kita simak bersama Artikel kali ini.

Jenis Lobster Air Tawar

Lobster air tawar merupakan lobster yang hidup di air tawar seperti sungai, rawa, sungai di bebrapa kawasan perairan di Australia (Adelaide, Melbourne, dsb) dan kawasan perairan di Papua. Berikut ini adalah beberapa jenis lobster air tawar yang terkenal yaitu :

1.  Cherax Pulcher

Cherax Pulcher (Papua Lobster)
Cherax Pulcher Photo on Pinterest.com

Cherax pulcher merupakan nama latin dari lobster jenis baru yang ditemukan di perairan wilayah Kepala Burung, Papua, Indonesia sebagai Papua lobster. 

Ciri-ciri dari lobster ini yaitu memiliki panjang ukuran tubuh sekitar 12 cm, warna capit dominan biru, serta warna pada tubuhnya memiliki kombinasi warna biru keunguan. 

2. Cherax Boesemani

Cherax Boesemani (Red Brick Lobster)
Red Brick Lobster Photo on aquaticarts.com

Jenis Lobster Cherax boesemani merupakan anggota keluarga genus Cherax yang berasal dari Irian Jaya, papua, Indonesia. 

Ciri-ciri hewan ini tidak jauh bebeda dari Cherax plucher yang merupakan jenis terbatru diantara genus Cherax. Lobster ini memiliki beberapa varian yaitu, Dark Rainbow Lobster, Red Brick Lobster, Blue Moon Lobster, dan sebagainya.  

3. Procambarus Clarkii 

Lobster Procambarus Clarkii
Lobster Procambarus Clarkii Red Photo on 123rf.com

Jenis Lopster Procambarus Clarkii merupakan salah satu lobster yang berasal dari keluarga Cambaridae. 

Lobster ini memiliki beberapa varasi warna dengan penyebutan masing-masing yaitu, red lobster (merah), White Lobster (putih), blue hammer lobster (biru), Brown Lobster (coklat), dan sebagainya. 

Selain itu lobster ini mampu memiliki panjang tubuh 12 cm dengan berat lebih dari 50 gram pada saat usia dewasa. 

4. Lobster Marron 

Cherax Tenuimanus (Marron Lobster)
Cherax Tenuimanus Photo on eatdrinkplay.com

Lobster marron dikenal dengan nama latin Cherax Tenuimanus yang berasal dari Australia Barat. Marron memiliki kepala dan rongga dada yang dilindungi oleh cangkang keras yang disebut karapas, dan perut dan ekor berotot.

Hewan ini mempunyai kepala dan rongga dada yang dilindungi oleh karapas (cangkang keras), perut dan ekor yang berongga serta berotot. Marron memiliki beberapa variasi warna seperti electric blue, coklat, dan sebagainya. 

5. Lobster Red Claw

Cherax quadricarinatus (Red Claw)
Cherax quadricarinatus Photo on aquagreen.com

Lobster capit merah atau red claw memiliki nama latin Cherax quadricarinatus ini merupakan lobster air tawar yang bisa ditemukan di sungai, rawa, maupun danau yang terletak di Queensland, Australia.

Ciri-ciri utama lobster ini yaitu tubuhnya berwarna biru kehijauan serta pada kedua capitnya terdapat garis berwarna merah. Lobster jenis ini biasanya dijadikan sebagai hewan konsumsi karena pertumbuhannya yang relatif lebih cepat dari pada lobster lainnya. 

6. Lobster Yabby 

Lobster Cherax Destructor (Yabby)
Lobster Yabby Photo on ejobnet.info

Lobster yabby dengan nama latin Cherax Destructor merupakan salah satu keluarga dari Parastacidae. Ciri-ciri utama yabby ini adalah memiliki ukuran capit yang besar. 

Yabby ini memiliki banyak variasi warna tergantung kejernihan dan habitatnya seperti biru cerah, hitam, biru-hitam, coklat muda, hijau-coklat, krem, coklat tua, biru gelap, biru-ungu, dan sebagainya. 

Lobster ini bisa ditemui di habitat alam seperti sungai, waduk, bendungan, dan rawa yang ada di wilayah Australia. Selain itu lobster ini mampu memiliki panjang sekitar 50 cm dengan berat kurang lebih 500 gram.

Jenis Lobster Air Laut

Lobster air laut ini biasa disebut dengan udang barong ataupun udang karang. Hewan ini bisa ditemui di kawasan terumbu karang dari yang paling dangkal hingga 100 meter di bawah permukaan laut. Berikut ini adalah beberapa jenis lobster air laut yang biasa dijadikan konsumsi oleh manusia yaitu :

1. Lobster Mutiara (Panulirus Ornatus)

Lobster Mutiara (Panulirus Ornatus)
Lobster Mutiara Photo on zooclub.org

Lobster mutiara merupakan salah satu jenis lobster air laut yang memiliki harga relatif lebih mahal dari pada loster air laut lainnya. Per kilogramnya bisa mencapai harga sekitar Rp 900 ribu. 

Habitatnya terletak di perairan tenang di daerah batu karang batu terumbu karang dengan kedalam 5 – 10 meter. Berikut ini adalah ciri-ciri lobster mutiara yaitu : 

  • Memiliki warna kehijauan di bagian tubuhnya
  • Tubuhnya terdapat bintik-bintik besar dan kecil yang berwarna kuning terang
  • Setiap Ruas antar segmennya terdapat pola garis tipis berwarna kuning dan hitam 
  • Pada setiap kakinya terdapat pola garis vertikal berwarna kuning dan hitam 
  • pada bagian ekornya berwarna orange
  • Mampu tumbuh panjang hingga 30-50 cm

Lobster ini memiliki daging yang tebal dan manis sehingga sering di jadikan menu masakan Jepang yaitu sashimi. 

2. Lobster Pakistan (Panulirus Polypagus)

Lobster Pakistan (Panulirus Polypagus)
Lobster Pakistan Photo on alchetron.com

Lobster pakistan adalah jenis lobster yang suka berpindah tempat untuk mencari mangsa atau mencari makan. Lobster ini biasanya tinggal di perairan yang sedikit keruh, dasar perairan berpasir dan berlumpur, serta di sela-sela bebatuan serta dapat ditemukan di perairan dangkal dengan kedalaman kurang lebih 15 meter. Berikut ini adalah ciri-ciri lobster pakistan yaitu : 

  • Memiliki warna hijau muda di bagian tubuhnya
  • Setiap Ruas antar segmennya terdapat pola garis berwarna kuning
  • Pada setiap kakinya terdapat bercak warna kuning

Harga Lobster Pakistan yang masih hidup bisa bisa berkisar 300 – 700 ribu per kilogramnya dan mudah ditemui di perairan Lamongan, perairan Sumenep, dan perairan Bawean.

3. Lobster Bambu (Panulirus Versicolor)

Lobster Bambu (Panulirus Versicolor)
Lobster Bambu Photo on furiousfish.es

Lobster dengan nama latin Panulirus versicolor atau biasa disebut dengan lobster bambu karena warnanya yang hijau seperti bambu. Habitat lobster ini adalah daerah karang atau bebatuan pada perairan jernih atau keruh yang disertai arus yang kuat  dengan kedalaman sekitar 4-16 meter. 

Lobster bambu bisa di ditemui di beberapa wilayah Indonesia seperti Jawa Barat, Makassar, Manado, Sumatera Barat, hingga Aceh. Untuk Harga dipasarannya sekitar Rp 750 ribu per kilogram.

Berikut ini adalah ciri-ciri lobster bambu yaitu : 

  • Memiliki warna hijau terang/cerah di bagian tubuhnya
  • Setiap Ruas antar segmennya terdapat pola garis tipis yang diapit dengan warna hitam 
  • Pada setiap kakinya terdapat pola garis horizontal berwarna hitam dan kekuningan 
  • Memiliki antena yang berwarna merah 
  • Mampu tumbuh panjang hingga 30-40 cm 

4. Lobster Pasir (Panulirus Homarus)

Lobster Pasir (Panulirus Homarus)
Lobster Pasir Photo on alchetron.com

Jenis Lobster ini bisa dijumpai di beberapa wilayah seperti perairan Afrika Selatan, Perairan Pasifik Barat, Jepang, India, Australia, Indonesia, dan Vietnam. Lobster pasir di Indonesia dibandrol dengan harga sekitar Rp 700 ribu per kilogramnya. 

Kita bisa menemukan Lobster ini diperairan dangkal yang memiliki ombak besar dengan kedalaman sekitar 1-90 meter. biasanya mereka hidup berkelompok dan tinggal di daerah karang yang berpasir. 

Berikut ini adalah ciri-ciri lobster pasir yaitu : 

  • Memiliki warna hijau kecoklatan di bagian tubuhnya
  • memiliki bintik putih memanjang dari tubuh hingga pangkal ekornya
  • Pada setiap kakinya terdapat bercak berwarna putih
  • terdapat dua buah duri besar pada lempeng antenula nya dan diikuti dengan duri-duri kecil dibelakangnya

Demikianlah penjelasan mengenai Jenis-Jenis Lobster yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi yang ingin mengetahui tentang Lobster.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat bisa bantu share dan komen dibawah ini agar kami bisa terus mengupgrade informasi yang berkaitan dengan jenis lobster. 

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *