√5+ Jenis Logo Beserta Penjelasannya Yang Wajib Diketahui 

Logo merupakan elemen penting yang harus ada bagi perusahaan, organisasi, komunitas ataupun yang lainnya. Jenis logo pun sangat beragam sekali, ada yang hanya teks saja, gambar saja, ataupun yang lainnya. Tujuannya adalah untuk memudahkan orang dalam mengingat perusahaan ataupun organisasi yang kita miliki.

Artikel kali ini akan menjelaskan beberapa jenis logo yang populer digunakan oleh beberapa perusahan atau organisasi.

logo merupakan sebuah tanda berupa lambang ataupun simbol yang mengandung suatu makna dari identitas sebuah perusahaan, organisasi, ataupun individu yang berfungsi agar mudah untuk diingat oleh banyak orang.

Menurut rustan, Logo diartikan sebagai tulisan nama entitas yang didesain secara khusus dengan menggunakan teknik lettering atau memakai jenis huruf tertentu.  Logo bisa berupa gambar, ilustrasi, tulisan, logogram, dan lainnya.

Pemakaian Logo di Indonesia sudah ada sejak zaman VOC (Verenidge Oost-Indische Compagnie) pada tahun 1602-1799. VOC merupakan sebuah perusahaan milik pemerintah belanda yang bergerak dalam berbagai bidang seperti rempah-rempah, tembakau, kopi, sutra, dan slainnya.

Logo VOC pada saat itu termasuk dalam jenis logo monogram yang mana sampai saat ini masih dianggap memiliki nilai komersial.

Setelah itu, pada tahun 1940-an mulai tumbuh perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa desain logo yang sampai saatini banyak sekali peminatnya baik untuk pembutan logo perusahaan, olshop, toko, dan sebagainya.

Tentunya Fungsi utama Logo adalah sebagai penanda suatu perusahaan atau organisasi. Akan tetapi logo memiliki beberapa fungsi lain yang tak kalah penting selain sebagai penanda. Berikut ini adalah beberapa fungsi lain dari logo adalah :

  • Sebagai Sarana Promosi
  • Sebagai Sarana Branding
  • Sebagai sarana Informasi
  • Sebagai Sarana Motivasi
  • Sebagai Sarana Pengutaraan Emosi

Ada beberapa jenis logo yang sering digunakan oleh para perusahaan, organisasi, atau komunitas lainnya. Berikut ini adalah jenis logo beserta penjelasannya yaitu :

Logo Monogram (Lettermark)

Logo Monogram (Lettermark)
Photo on muzindahub.com

Logo monogram atau lettermark biasanya mengguakan inisial sebagai logo utama dan tambahan gambar atau shape (bentuk) sebagai elemen pendukungnya seperti pemilihan font, warna. Tentunya hal ini untuk memudahkan seseorang untuk mengingat suatu perusahaan, organisasi, atau komunitas lainnya.

Beberapa contoh perusahaan yang menggunakan logo jenis ini antara lain yaitu : Mcdonal, HP, MTV, CNN, NASA, TRM, Facebook, Adobe, dan sebagainya.

Logo Lambang atau Emblem

Logo emblem atau lambang
Photo asycuda.org

Logo ini tersusun dari border atau shield sebagai dasrnya dan ada penambahan huruf maupun gambar di dalamnya. Biasanya lambang atau emblem ini digunakan sebagai logo organisasi tertentu, sekolah, komunitas (Chelsea Footbal Club, Harley_Davidson, dll), industri otomotif, lembaga pemerintahan, dan sebagainya.

Logo Kombinasi

Logo kombinasi
Photo on https://www.fiverr.com

Logo kombinasi merupkan logo yang terdiri dari gabumngan dari beberapa jenis logo yang menghasilkan logo baru dengan

Logo Maskot

Logo Maskot
Photo on ramesia.com

Logo maskot biasnya terdiri dari gambar maskot yang dijadikan sebagai elemen utama dalam pembuatan logo. Beberapa contoh logo maskot yang terkenal adalah Hokben, KFC, Starback, dll.

Logo Abstrak

Logo Abstrak biasanya terbentuk secara abstrak yang menjelaskan tentang merek yang anda punya. Contohnya Logo ini seperti Adidas, Playstation, Nike, dan sebagainya.

Logo Simbol (Pictorial Marks)

Logo Simbol (Pictorial Marks)
Photo on wikimedia.org

Logo simbol terbentuk dari elemen gambar saja tanpa ada penambahan tulisan didalamnya. Contoh logo ini seperti Apple, Instagram, Facebook, Microsoft, dll.

Logotypes (Logo  Wordmarks)

Logotypes (Logo  Wordmarks)
Photo on nasa.gov

Logotypes atau sering disebut Wordmark logo merupakan jenis logo yang terbentuk dari teks sebagai tanda pengenalnya. Biasanya teks yang digunakan bisa berupa nama perusahaan/organisasi secara lengkap ataupun singkatannya.

Cara membuat Logo
Photo on wikipedia.org

Untuk membuat logo tentu saja ada beberapa cara yaitu, bisa dengan menggunakan jasa desain logo ataupun membuat sendiri dengan aplikasi-aplikasi editing baik yang offline maupun online seperti corel draw, photoshop, canva, dan sebagainya.

ketika anda memutuskan untuk membuat logo sendiri, tentu saja ada beberapa aspek elemen seperti jenis font, warna, bentuk, dan keseimbangan agar mendapatkan hasil logo yang bagus dan sesuai keinginan.

Penutup

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai jenis Logo yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa menjadi referensi anda sebelum membuat logo.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *