1
3

✓11+ Cara Merawat  Kelinci Lion Head  (Yang Harus Kamu Ketahui)

Kelinci lion head merupakan salah satu ras kelinci yang sempat dicap sebagai produk gagal karena memiliki telinga yang pendek dan wajahnya diselimuti dengan bulu panjang. Seiring dengan berjalannya waktu, kelinci ini menjadi salah satu kelinci hias yang sering diperlombakan.

Artikel kali ini akan membahas mengenai sejarah lahirnya kelinci lion head, ciri-ciri, cara merawatnya, serta tips untuk membeli kelinci lion head yang bagus. Langsung saja kita simak artikel di bawah ini.

Sejarah Kelinci Lion Head

Sejarah Kelinci Lion Head

Photo on .istockphoto.com

Ada beberapa teori mengenai sejarah lahirnya kelinci ini. Teori pertama adalah kelinci lion adalah hasil dari persilangan kelinci anggora dengan kelinci bulu pendek (jenis apa saja) dan menghasilkan kelinci lionhead. Teori yang pertama ini banyak diyakini oleh peternak di Indonesia mengenai asal usul kelinci lion.

Teori yang kedua adalah kelinci ini berasal dari persilangan antara kelinci jenis swiss fox dengan kelinci belgian dwarf. Anak dari hasil persilangan kedua kelinci tersebut disilangkan lagi dengan kelinci jersey wolly. Teori ini muncul sekitar tahun 1900-an di belgia.

Sifat Kelinci Lion Head

Kelinci ini termasuk kedalam kelinci peliharaan yang membunyai sifat ramah dan sopan terhadap pemiliknya. Walauapun secara alamiah bisa menjadi sangat gelisah ketika merasa tidak aman atau terancam.

Selain itu, kelinci ini juga sangat pintar sehingga memungkinkan untuk dilatih dengan baik seperti dilatih untuk membuang sampah, ketika ingin buang kotoran di kotak tertentu, dan sebagainya.

Ciri-Ciri kelinci Lion Head

Ciri-Ciri kelinci Lion Head, kelinci lion head abu-abu

Photo on rock-cafe.

Ciri utama dari kelinci lion head adalah memilliki bulu halus atau surai yang dan lebat menutupi seluruh tubuhnya. Akan tetapi untuk bulu depan yang ada di sekitar kepala tumbuh lebih panjang yang menyebabkan kelinci mirip seperti singa(lion).  Keunikan bulu yang ada disekitar kepalanya tersebut yang membuat kelinci ini mendapat julukan kelinci lion head atau lionhead rabbit.

Selain bulu halusnya, kelinci ini juga memiliki ciri lain yang membuatnya Nampak imut. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kelinci lion head yaitu :

  • Memiliki bentuk kepala yang agak bulat dan lebar
  • Memiliki telinga yang kecil, pendek, dan tebal (ukurannya sekitar 5 cm sampai 7.5 cm)
  • Kelinci dewasa memiliki berat 1,13 kg hingga 1,70 kg, sedangkan untuk berat ideal biasanya 1,59 kg.
  • Bisa bertahan hidup sekitar 7 hingga 9 tahun sesuai dengan perawatan dan pola makan yang baik dan benar.
  • Memiliki variasnsi warna yang banyak
  • Termasuk ke dalam kategori kelinci mini

Berikut ini adalah beberapa warna lionhead rabbit yang telah diakui oleh inggri dan amerika yaitu :

Inggris

Black, Agouti, Chestnut, Chocolate, Chinchilla, , Fox, Lilac, Lynx, Opal, Orange, Otter, Sable Marten, Sable Point, Siamese Sable, Siamese Smoke Pearl, Silver Martin, Blue, Butterfly, FawnSquirrel, Smoke Pearl Marten, Tortoiseshell, White (red or blue-eyed) , Steel, dan Tan

Amerika

Martin, Tan, Tortoise, White, Orange, Red, Siamese Sable, Smoke Pearl, Sable Point, Squirrel, Sable, Chocolate, Fawn, Frosted Pearl, Golden, Lilac, Opal, Black, Black Otter, Blue, Blue Otter, Chestnut, dan Chinchilla

Selain warna di atas, ada juga double colour (perpaduan antara warna putih dan warna lain), dan tri colour (perpaduan antara warna putih dengan 2 warna yang berbeda). Warna lainnya ini berlaku untuk semua warna yang ada di atas.

Jenis Surai Pada Kelinci Lion Head

Jenis Surai Pada Kelinci Lion Head

Photo on Olx.com

Kelinci lionhead mempunyai dua jenis surai atau bulu halus yaitu surai single dan surai double. Surai single adalah surai atau bulu halus yang tumbuh lebih lebat di sekitar kepala, telinga, dagu, dan kadang di daerah dada atau pantat.

Sedangkan surai double adalah surai yang tumbuh lebat dan tebal secara melingkar di sekitar kepala dan kadang tumbuh di bagian sisinya sehingga sering disebut dengan “rok”. Surai single atau double berasal dari gen induknya. Sedangkan untuk membedakan kelinci lion itu termasuk surai singgel atau surai double dengan cara mengecek ketika setelah kelahiran anak kelinci.

Cara Merawat Kelinci Lion Head

Tentunya ketika teman-teman sudah memutuskan untuk merawat hewan peliharaan harus dirawat dengan baik agar selalu sehat dan tidak gampang mati. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk merawat kelinci lion head yaitu :

  1. Siapkan Kandang

model kandang kelinci tertutup

Photo on picswe.ne

Menyiapkan kandang tentu sebuah kewajiban ketika teman-teman hendak memutuskan memelihara kelinci jenis lion ini. Kandang yang dibutuhkan tidak terlalu lebar, tapi usahakan nyaman untuk kelinci tinggal dan bermain.

Untuk pembuatan kandang bisa di letakkan di luar maupun di dalam rumah. Jika ingin membuat kandang diluar rumah tentunya harus memeprhatikan beberapa hal seperti di bawah ini :

  • Pastikan kandang terhindar dari bising
  • Pastikan kandang aman dari predator seperti ular, musang, kucing, atau sebagainya.
  • Pastikan kondisi kandang selalu dalam keadaan hangat
  • Berikan atap agar terhindar dari hujan dan angin
  1. Berikan Makan dan Minum Secara Rutin

Memberi makan kelinci lion head

Photo on pinterest.com

Makanan kelinci jenis lion ini tidak berbeda dengan jenis kelinci yang lainnya. Teman-teman bisa memberikan pakan kelinci yang sesuai dengan umurnya agar bisa berkembang dengan baik. Untuk kelinci lion head dewasa (diatas 3 bulan)  bisa diberikan pelet kelinci, sayur-sayuran, atau rumput. Sedangkan untuk kelinci yang baru lahir hingga umur 2 bulan diberikan diberikan Asi danketika sudah berumur 3 bulan diberi makan pelet dan rumput sedikit demi sedikit.

Jadwal makan ini bisa menyesuaikan saja, bisa 2x  sehari ataupun  3x sehari. Tentunya untuk persediaan minum juga perlu diperhatikan agar kelinci tidak tersedak ketika sedang makan. Usahakan jangan terlalu banyak diberikan pakan berupa sayur-sayuran yang mengandung air karena bisa membuat kelinci mencret.

  1. Perhatikan Kondisi kandang dan kesehatan kelinci

Mengecek kandang secara berkala juga sangat diperlukan agar kandang selalu dalam keadaan bersih. Hal ini juga mempengaruhi kesehatan kelinci, jika kandang kotor dan tidak dibersihkan bisa membuat kelinci lion head mudah terserang oleh penyakit.

Membersihakan kandang dari kotoran kelinci, bulu rontok, ataupun sisa-sisa makanan bisa dilakukan secara rutin minimal sehari sekali ketika pagi hari atau sore hari.

Selain itu jika kandang sudah bersih, tentunya teman-teman juga harus mengecek kesehatan kelinci baik fisik maupun mental. Jika kelinci mulai sakit ataupun stress, maka bisa langsung diantisipasi supaya sepat membaik.

Selalu rutin membersihkan kandang dari kotoran kelinci, bulu, maupun sisa-sisa makanannya. Ini bisa dilakukan ketika pagi atau sore hari.

  1. Menyisir Bulu Kelinci

Menyisir bulu kelinci

Photo on daothoalice.com

Tujuan untuk menyisir bulu kelinci adalah agar menghindari terjadinya gimbal atau rontok yang berlebihan. Semakin sering bulu kelinci disisir,maka bulu-bulu mati akan terangkat dan bulu pun menjadi lebih indah.

  1. Ajak Kelinci Bermain

kelinci Lion Head

Photo on tempatwisatadibandung.info

Siapkan waktu khusus untuk mengajak kelinci kesanyangan teman-teman bermain agar terhindar dari strees yang bisa menyebabkan kematian.

Harga Kelinci Lion Head terbaru 2019

Kelinci jenis lion head termasuk kelinci yang mempunyai harga cukup murah. Untuk kelinci dewasanya (diatas 3 bulan) dibandrol dengan harga Rp. 200.000 sampai Rp. 700.000. sedangkan untuk anakannya (dibawah 3 bulan) di bandrol sekitar Rp. 50.000 sampai Rp. 200.000.

Tips Membeli Kelinci Lion head

Tips membeli kelinci lionhead

Photo on omlet.co.uk

Mendapatkan peliharaan yang sehat dan energik tentunya akan membuat sang pemilik senang. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membeli kelinci lion head yang sehat dan energik yaitu :

  1. Hindari membeli kelinci di tempat yang ramai (banyak suara bising kendaraan) karena itu bisa menyebabkan kelinci stress dan akhirnya hanya bisa hidup beberapa hari setelah dibeli. Jadi lebih baik membeli di peternak kelinci yang memiliki jaminan kesehatan yang lebih terjamin.
  2. Baiknya memilih kelinci lion yang sudah berumur diatas 3 bulan agar tidak mudah terkena penyakit, sebab kelinci lion yang masih berumur dibawah 3 bulan akan mudah sekali terkena penyakit.
  3. Memeriksa lubang kotoran kelinci, jika terdapat cairan maka dipastikan kelinci itu sedang sakit (mencret).
  4. Menanyakan riwayat gigi bawaan kelinci, karena lion head rentan terhadap penyakit gigi.
  5. Pilih kelinci yang memiliki mata yang segar dan tidak sayu (terlihat mengantuk).
  6. Pastikan bahwa bulu kelincii lion bersih tidak kucell
  7. Mengecek bagian tubuh ditubuhnya. Hal ini untuk mengetahui kelinci lion tersebut di rawat secara benar atau tidak oleh penjual.

Itulah beberapa penjelasan seputar kelinci lion head yang dapat admin sampaikan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman terkail kelinci jenis ini.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat bisa bantu share dan komen dibawah ini agar kami bisa terus mengupgrade informasi yang berkaitan dengan kelinci lion head.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply