✓ Profil Kelinci Netherland Dwarf [Terlengkap]

Kelinci Netherland Dwarf (ND) merupakan salah satu jenis kelinci popular yang berasal dari belanda.  Kelinci ini termasuk dalam kategori kelinci mini karena badannya yang kecil dan hanya memiliki bobot  sekitar 0.5 – 1.5 kg saja.

Penampilan Kelinci ND yang lucu dan imut ini bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan maupun untuk pameran/kontes. Kali ini kami akan berbagi artikel mengenai seluk beluk kelinci Netherland Dwarf ini. Mari kita simak bersama-sama.

Sejarah kelinci Netherland Dwarf

Sejarah kelinci Netherland Dwarf
Photo on airfreshener.club

Sesuai dengan namanya, Kelinci Netherland Dwarf berasal dari belanda yang merupakan hasil persilangan antara kelinci polandia (polish) dengan kelinci liar yang lebih kecil.

Kelinci ini hanya memiliki dua warna saja yaitu, Ruby Eyed Whithe (REW) dan Blue Eyed White pada tahun 1930. Setelah pengembangan selama beberapa generasi, kelinci ini akhirnya  memiliki banyak warna pada tahun dan dibuat standarnya pada tahun 1940.

Netherland Dwarf  pertama kali diimpor ke inggris pada tahun 1948 yang kemudian diikuti oleh amerika serikat pada tahun 1960-an. Pada tahun 1969, Darrel bramhall bertemu dengan seorang bangsawan yang berasal dari inggris turnbull jack yang sudah lama mengenal kelinci Netherland ini.

Pertemuan menjadi awal dari pembentukan sebuah klub khusus untuk mempromosikan dan mendorong perkembangbiakan kelinci netherland di Amerika Serikat.

Usaha Mr. Darren Bramhall membuahkan hasil dengan diakuinya standar kelinci ND oleh American Rabbit Breeders Asosiation (ARBA)  pada tahun 1969 dengan menggunakan standar dari inggris yang sudah dimodifikasi.

 

Karakteristik Kelinci Netherland Dwarf

Karakteristik Kelinci Netherland Dwarf
Photo on opsimages.com

Kelinci Netherland Dwarf ini merupakan salah satu kelinci mini yang mempunyai karakteristik yang unik. Berikut beberapa penjelasannya :

Profil Kelinci Netherland Dwarf {Terlengkap}
Photo on cellcode.us

Kita bisa mengetahui ciri-ciri kelinci ND ini dari bentuk tubuhnya. Berikut ciri-cirinya :

  • Memiliki ukuran yang kecil
  • Bobot hanya 0.5 – 1.2 kg
  • Tubuhnya kompak kecil
  • Leher pendek
  • Kepala besar serta lebar dan kompak dengan profil melengkung dan wajah bulat
  • Memiliki Bulu lembut dan licin
  • Telinga kecil, tegak, dan bundar dibagian ujung telinga.
  • Panjang maksimal telinga kelinci ini bisa mencapai 6 cm.
  • Memiliki kaki Kaki pendek

Warna

Warna Kelinci Netherland Dwarf
Photo on kepogaul.com

Kelinci Netherland dwarf memiliki banyak selai variasi warna yang diakui oleh  ARBA.  Berikut ini adalah variasi warna kelinci Netherland dwarf :

Self : Ruby Eyed White (REW), Blue Eyed White (BEW, Blue, Black, Chocholate, dan Lilac.

Shades : Sable Point, Siamese Sable, Siamese Smoke Pearl, dan Tortoise Shell.

Agouti : Cheatnut, Chinchilla, Lynx, Opal, dan Squirel.

Tan : Black Otter, Chocholate Otter, Blue Otter, Lilac Otter, Sable Marten, Blue Silver Marten, Chocholate Silver Marten, Lilac Sirver Marten,  Smoke pearl Marten, Black Tan, Blue Tan, Chocholate Tan, dan Lilac Tan.

Variasi lain : Fawn, Black Himalayan, Blue Himalayan, Chocholate Himalayan, Orange, dan Stell.

Cara Memelihara Kelinci Netherland Dwarf

Cara Memelihara Kelinci Netherland Dwarf
Photo on airfreshener.club

Memelihara Kelinci ND tidak ada bedanya dnegan merawat kelinci lainnya. Hanya saja butuh perhatian yang lebih setelah melihat karakteristik kelinci ini yang kurang bersahabat dengan manusia. Berikut beberapa tips untuk merawatnya :

Kandang : kelinci ND ini memiliki ukuran tubuh yang mini tapi suka bergerak aktif dan energik. Maka dari itu dibutuhkan kandang yang besar agar kelinci ini bisa bergerak dengan bebas dan berolahraga sepuasnya.

Rekomendasi untuk kandang kelinci ini adalah 2x1x1 meter dengan berbagai pilihan kandang, baik kandang dari kawat maupun dari kayu.

Kebersihan : selalu jaga kebersihan kandang agar selalu bersih dan kelinci merasa nyaman dan selalu sehat.

Makan : pemberian makan kelinci ND ini benar-benar harus diperhatikan karena pencernaan kelinci ini cenderung lemah. Makanan yang cocok untuk diberikan kepada kelinci ini adalah sayur-sayuran (kangkung, wortel,  dll), buah-buahan, rumput  dan pelet kelinci.

Lokasi Kandang : bagusnya lokasi kandang kelinci tidak berdekatan dengan area yang sering terkena angin. Usahakan kandang selalu selalu dalam kondisi hangat.

Kelinci ini biasnya hidup selama 5-7 tahun saja. akan tetapi jika kita bisa merawatnya dengan baik, maka bisa bertahan lebih dari 7 tahun.

 

Kelinci Netherland Dwarf  Sebagai Hewan Peliharaan

Kelinci Netherland Dwarf  Sebagai Hewan Peliharaan
Photo on www.taringa.net

Kelinci ND ini termasuk kelinci agresif , keras kepala, hiper aktif, liar,pemalu, lembut, susah dijinakkan, dan takut dengan manusia serta sangat gesit sekali yang membuatnya bisa berlali seharian berkeliling kemana saja sehingga tidak cocok diletakkan di dalam kandang yang kecil dan sempit.

Kelinci ND merupakan kelinci yang kurang cocok untuk anak kecil sebab anak kecil suka bermain dengan hewan peliharannya untuk dipegang dan dipeluk.

Sedangkan hewan kecil ini tidak suka dipeluk dan dipegang secara erat yang bisa mengakibatkan mereka menggigit, mencakar anak kecil dengan sifat liarnya itu.

Kejadian ini menyebabkan anak kecil takut dan secara tidak sengaja bisa melempar kelinci ND dengan keras ke tanah yang menyebabkan cedera yang serius bagi kenci.  Jadi kelinci ini lebih cocok apabila yang memelihara adalah orang dewasa.

Kelinci ini juga bisa diberi pelatihan dalam membuang kotoran jika yang memeliharanya adalah orang dewasa. Pelatihan tersebut bertujuan untuk melatih si mungil ini agar membuang kotorannya di tempat yang sudah disediakan oleh pemilik.

Banyak pemilik kelinci ini telah membuktikan keberhasilannya dengan meletakkan kotak kotoran di tempat yang sudah disediakan oleh pemilik.

Pemilik kelinci harus memberikan banyak waktu bersama dengan kelinci ini, dan sabar dalam melatih  ND agar bisa mandiri seperti itu.

Kelinci Netherland Untuk Kontes

Kelinci Netherland Untuk Kontes
Photo on airfreshener.club

Kelinci ND dengan kualitan untuk kontes/pertunjukan mempunyai ciri-ciri tersendiri yang harus diperhatikan bagi para pecinta kelinci ini.

Berikut beberapa spesifikasi kelinci ND untuk Kontes :

Bentuk Tubuh : pendek dan kompak, kecil, tidak memiliki leher kontur bulat yang baik dengan pantat bulat yang berisi. Kaki cukup pendek dan berdekatan.

Kepala : memiliki kepala yang besar dengan profil kepala bulat dan dahi lebar, terlihat kokoh dan melengkung pada tulang hidung, memiliki perkembangan rahang dan tengkorak yang baik, serta seimbang dan proposional dengan ukuran tubuh.

Telinga : ukurannya proposionl dan seimbang, pendek, tegak dan dekat (tidak harus menempel), ujung telinga bundar, memiliki bulu yang padat, kuat, dan tebal, idealnya panjangnya 2 inchi (5 cm).

Mata : bulat, cerah, serta serasi dengan warna bulunya.

Ekor : lurus dan berbulu halus

Berat : memiliki berat tidak lebih dari 1,1 kg untuk kelinci senior (usia 6 bulan ke atas)

Demikianlah penjelasan seputar kelinci Netherland Dwarf yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi yang ingin mencoba memelihara kelinci Netherland Dwarf.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat bisa bantu share dan komen dibawah ini agar kami bisa terus mengupgrade informasi yang berkaitan kelinci Netherland Dwarf.

Tips Membeli Kelinci Netherland Dwarf

Tips Membeli Kelinci Netherland Dwarf
Photo on hygall.com

Kelinci netherland yang memiliki telinga yang pendek (bukan karena cacat) dijual sangat mahal yang menandakan kelinci ini berkualitas.

Untuk mendapatkan kelinci ini,bisa membelinya lewat peternak kelinci langsung karena masih minim penjula kelinci yang menyediakannya.

Membeli kelinci Netherland  Dwarf  setidaknya umur 5 bulan karena akan memunculkan bentuk asli dan bentuk has dari telinganya.

Harga kelinci mini ini sangat bervariatif sekali. Harga kelinci ND yang admin temukan yaitu berkisar antara  200.000 – 300.000 untuk usia 1 – 3 bulan, dan 500.000 – 1.000.000 untuk indukan atau usia diatas 3 bulan.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *