✓ Kelinci Rex : Karakteristik, Jenis, dan Harga [Terlengkap]

Kelinci rex dengan nama ilmiah Oryctolagus cuniculus merupakan salah satu kelinci hias yang memiliki tubuh yang lumayan tangguh dan terlihat  mewah.

Ada juga yang memberikan julukan Kelinci rex karpet karena mempunyai bulu halus yang mirip beludru mewah (mirip seperti karpet).

Tak heran jika yang memelihara kelinci ini adalah masyarakat golongan menengah ke atas, Baik sebagai kelinci hias/kontes maupun hewan peliharaan.

Artikel kali ini akan membahas seputar kelinci rex yang menarik untuk diketahui bersama.

Sejarah Kelinci Rex

"Sejarah

kelinci rex pertama kali ditemukan pada tahun 1919 di daerah eropa barat tepatnya di desa coulonge , perancis. Kelinci ini merupakan keturunan dari kelinci liar yang ada di perancis.

Kelinci ini disebut sebagai kelinci rex asli karena bukan hasil perkawinan silang dan ditemukan secara tidak sengaja oleh soerang petani sapi di dalam peternakannya.

Kelinci tersebut berkembangbiak dengan sering berjalannya waktu. Ketika petani mengecek anak kelinci tersebut, ditemukanlah seekor anak kelinci yang memiliki karakteristik berbeda dari yang lainnya.

Akhirnya petani tersebut melaporkan kepada pendeta dan menyerahkan kelinci tersebut agar dirawat oleh pendeta yang bernama Gillet.

Pada tahun 1924 , kelinci ini diikutsertakan oleh pendeta tersebut  ke dalam pameran internasional yang ada di paris, perancis dan akhirnya diberi nama Rex.

Kelinci rex ini menjadi terkenal setelah mengikuti pameran tersebut dan akhirnya mulai tersebar luas di Eropa hingga masuk ke Indonesia.

Karakteristik Kelinci Rex

1. Bentuk Fisik

"Karakteristik

Kelinci rex mempunyai ciri-ciri fisik sebagai berikut :

  • Bentuk badan yang dominan bulat dan gempal
  • Memiliki Struktur tulang yang kuat dan kokoh
  • Bentuk kepala yang besar
  • Bentuk telinga agak lebar dan berdiri tegak (tidak jatuh kebawah)
  • Bulunya halus kuat, tidak mudah rontok, dan
  • Ketebalan bulunya kurang lebih antara 1,3 – 2,2 cm

2. Warna

"Karakteristik

Seorang profesor dari Universitas Straatsburg, jerman yang bernama kohler ini berusaha mengembangkan warna baru untuk kelinci rex yang kemudian menghasilkan warna coklat, chinchilla, putih dan lynx.

Sampai saat ini warna kelinci rex yang telah diterima oleh American Rabbit Breeders Assoc., Inc (ARBA) ada 16 warna yaitu Amber, Californian, Lilac, Red, Black, Castor, Lynx,, Sable, Blue, Chinchilla, Opal, Seal, Broken, Chocholate, Otter, dan White.

Sedangkan kelinci rex di Indonesia lebih  didominasi dengan warna putih, motif papilon (tutul) harlequin dan tricolor.

Ada beberapa jenis warna yang mempunyai warna turunan lagi seperti :

Warna broken : warna broken biasanya muncul dari warna-warna solid yaitu, warna broken black, broken blue, red broken, dan sebagainya.

Warna Tricolor : ada 4 warna tricolor yang telah diakui oleh ARBA yaitu, white/black/orange, white/lilac/fawn, white/blue/fawn, dan white/chocolate/orange.

Warna Otter : warna otter yang diakui juga hanya 4 warna yaitu, blue otter, black otter, lilac otter, dan chocholate otter.

3. Jenis

"Karakteristik

Jenis kelinci rex terbagi menjadi dua yaitu :

  • Kelinci rex standar

Kelinci rex standar merupakan kelinci dengan ukuran sedang dengan bobot 2,7 kg – 4,5 kg sesuai dengan jenis peranakannya. untuk bobot kelinci rex yang ideal untuk kontes adalah 3,6 kg (kelinci jantan) dan 4 Kg (kelinci betina).

biasanya kelinci ini dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi dan kulitnya untuk bahan baku pakaian.

  • Kelinci rex mini

Kelinci ini merupakan versi mini dari kelinci rex standar yang mempunyai cii-ciri yang sama persis. Perbedaannya dengan kelinci rex standar berada pada bobotnya yang hanya 1,4 kg – 2 kg dan ukuran tubuhnya yang lebih kecil.

Cara Merawat Kelinci Rex

"Cara

Ketika sudah memutuskan untuk memilih kelinci rex tentunya hars dirawat dengan sebaik mungkin supaya kelinci ini tetap terlihat bagus dan mempunyai kondisi yang baik.

Berikut tips untuk merawat kelinci rex :

  • Usahakan kandang dekat dengan sumber air supaya lebih mudah untuk membersihkannya.
  • Jauhkan dari suara bising dan asap kendaraan
  • Usahakan sinar matahari bisa masuk ke dalam kandang supaya kondisi tetap kering dan tidak lembab
  • Letakkan di dalam kandang yang memunyai suhu sejuk 21 C
  • Membuat kandang yang nyaman untuk kelinci
  • Sediakan tempat minum, tempat makan, dan tempat untuk kotorannya.
  • Berikan makanan pada kelinci 3x dalam satu hari. Untuk makanan bisa berupa rumput gajah, rumput kering, kangkung, wortel, pelet kelinci, dan lainnya
  • Bersihkan kandang minimal 1x sehari terutama ketika pagi hari
  • Ajak kelinci bermain agar tidak stress di dalam kandang terus

Harga Kelinci Rex Di Indonesia Terbaru 2019

"Harga

Harga kelinci rex yang di Indonesia sangat bervariatif sekali, baik kelinci rex standar maupun kelinci rex mini. Berikut ini adalah temuan harga kelinci rex standard an mini rex yang kami temukan :

Nama KelinciHarga
Kelinci rex induk300.000
Kelinci rex usia 2 bulan80.000
Kelinci rex chinchilla150.000
Kelinci rex carpet800.000
Kelinci rex mini indukan300.000
Kelinci rex mini anakan100.000
Kelinci rex karpet usia 1-3 bulan50.000 – 300.000
Kelinci rex karpet usia 3 bulan ke atas300.000 – 4.000.000

Kelinci Rex Untuk Kontes

"<yoastmark

Kelinci rex merupakan salah satu kelinci hias yang lumayan terkenal baik di dunia internasional maupun indonesia.

Tentunya untuk mengikuti kontes harus mempunyai kriteria tertentu.berikut kriteria kelinci rex yang dijadikan untuk kontes yaitu :

Memiliki pose yang indah : posisi jari-jari kaki belakang sejajar dengan pinggang dan paha. Sedangkan jari-jari depan sejajar dengan mata.

Bentuk tubuh : memiliki pinggul yang bulat, lebar bahu yang seimbang dengan pinggul dan rusuk, panjang badan medium, serta tubuhnya yang berisi/berotot.

Besar  kepala, telinga, kaki ekor, harus seimbang dengan anggota tubuh yang lainnya, serta memiliki ukuran tulang medium. Ketika bagian pinggul sampai ekor

iraba tidak terdapat tulang menonjol dan tidak ada lipatan lemak dibawah bagian pinggul bawah kelinci.

Kepala : ukuran ideal adalah kepala agak lebar, mepet dengan bahu (seperti tidak memiliki leher), dan besar kepala harus terlihat seimbang dengan telinga dan badan.

Telinga : tidak terlalu lebar, mempunyai ketebalan medium, panjangnya seimbang dengan besar kepala dan tubuh, serta berdiri tegak ke atas (tidak melambai kebawah)

Mata : Nampak bersih, tebal, cerah, warna mata serasi dengan bulu, dan tidak memiliki mata bulan.

Kaki dan Kuku : memiliki tulang kaki yang medium dan lurus, ukuran kaki tidak terlalu panjang, dan kaki depan agak pendek.

Kelinci rex yang mempunyai warna Hitam, Black Otter, Blue, Castor, Chinchila, Coklat, Lilac, Lynx, Opal, Red, Sable, dan Seal harus mempunyai warna

kuku yang gelap.

Untuk kelinci rex yang berwarna Putih, kuku kaki harus berwarna putih atau pink warna dan kelinci rex warna Broken, warna kuku tidak terlalu menjadi persoalan.

Ekor : ekor kelinci rex yang ideal adalah lurus melipat ke atas kea rah punggung

Bulu : Kelinci rex yang bagua adalah yang memiliki bulu halus (seperti beludru), padat, lurus, tegak, dan cerah. Panjang bulu yang ideal adalah 5/8 inchi dan panjangnya harus sama di seluruh tubuhnya.

 

Keuntungan yang Bisa Didapatkan Dari Kelinci Rex Sebagai Kelinci Pedaging

Kelinci Rex Sebagai Kelinci Pedaging
Photo by ngampungdolan.com

Daging kelinci memiliki rasa yang lezat, kanduungan protein yang tinggi, namun rendah kolestrol yang menyebabkan banyak dicari oleh masyarakat.

Daging kelinci di Indonesia biasanya diolah menjadi beberapa menu makanan seperti sate, tongseng, dan gulai dengan harga jual daging mentah mencapai Rp. 8.000 – Rp. 15.000 per/kg.

Sedangkan di luar negeri, daging kelinci merupakan menu special yang disajikan di restoran mewah dan berbintang. Untuk harga jual daging mentah ini bisa mencapai $1 – 1,5 per/kg.

Beberapa Negara pengimpor daging kelinci terbesar untuk bahan makanan adalah singapura, italia, jepang, perancis, dan brunei Darussalam.

 

Keuntungan yang Bisa Didapatkan Dari Bulu Kelinci Rex 

Bulu Kelinci Rex 
Photo by profile.wimiu.com

Bulu kelinci rex terkenal tebal dan lembut yang mengakibatkan banyak diminati di pasar internasional sebagai bahan baku untuk fashion/pakaian, tas, dan aksesoris lainnya.

Harga jual bulu kelinci rex yang masih mentah di pasar internasional berkisar $8 – 15 per/kg. apabila sudah disamak harganya naik menjadi $18 per/kg.

Produsen terbesar bulu kelinci rex saat ini didominasi oleh Hongkong, Jepang, Taiwan, Dan Korea Selatan. Sedangankan pasar ekspor dan konsumen utama bulu kelinci rex adalah Eropa, Rusia, Amerika, Hingga Asia Utara.

Demikianlah penjelasan seputar kelinci rex yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi yang ingin mencoba memelihara kelinci rex.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat bisa bantu share dan komen dibawah ini agar kami bisa terus mengupgrade informasi yang berkaitan kelinci rex.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *