1
31

√11+ Kreasi Kerajinan Bahan Lunak Beserta Contohnya [Lengkap]

Kerajinan Bahan lunak merupakan salah satu produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak. Kerajinan ini terbagi menjadi dua macam yaitu bahan lunak alami  dan bahan lunak buatan. Selain itu fungsi dari kerajinan ini terbagi menjadi dua fungsi utama, yaitu fungsi sebagai benda pakai dan fungsi sebagai benda hias.

Fungsi sebagai benda pakai adalah karya kerajinan yang diciptakan untuk mengutamakan fungsinya daripada keindahannya. Sedangkan Fungsi sebagai benda hias adalah karya kerajinan yang dibuat sebagai benda hiasan dengan menonjolkan aspek keindahannya dari pada aspek kegunaannya.

Artikel kali ini akan membahas tentang aneka kerajinan yang terbuat dari bahan lunak baik yang alami maupun buatan beserta dengan teknik pembuatannya.

Jenis-Jenis Kerajinan bahan lunak

Kerajinan dari bahan lunak terbagi menjadi dua jenis yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

  • Bahan Lunak Alami adalah bahan lunak yang bisa kita temukan di alam sekitar tanpa campuran dari bahan buatan pabrik atau yang lainnya. Contoh dari bahan lunak alami yaitu tanah liat, serat alam,dan kulit hewan.
  • Bahan Lunak Buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang dioalah menjadi lunak. Contoh dari bahan lunak buatan yaitu lilin, flour clay, bubur kertas, sabun, parafin, gips dan sebagainya.

Kerajinan Bahan Lunak Alami dan Buatan

Berikut ini adalah beberapa contoh bahan lunak yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan.

  1. Kerajinan dari Tanah Liat

Kerajinan dari Tanah Liat

Photo on sdjuaracilegon.com

Kerajinan yang terbuat dari tanah liat biasa dikenal dengan sebutan kerajinan keramik. Kata keramik berasal dari bahasa yunani (keramos) yang mempunyai arti benda/barang pecah belah yang terbuat dari tanah liat dan melalui beberapa proses yang salah satunya adalah pembakaran. Tanah liat memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Bersifat liat atau lengket
  • Bersifat sulit menyerap air
  • Tanan bisa pecah ketika dalam keadaan kering
  • Mempunyai warna coklat, hitam terang, atau keabu-abuan
  • merupakan bahan baku untuk pembuatan kerajinan tangan

Contoh Produk Kerajinan dari Tanah Liat

Produk Kerajinan Tanah liat

Photo on analisadaily.com

Berikut ini beberapa contoh kerajinan bahan lunak dari tanah liat yaitu :

  •  Vas Bunga

Untuk Anda yang mengingkan vas bunga yang terlihat minimalis tetapi tetap terlihat elegan, Anda dapat menggunakan vas bunga dari tanah liat dengan cara membali atau membuatnya sendiri dengan cara berikut ini.

  •  Genthong

Kerajinan ini digunakan pada zaman dahulu sebagi tempat untuk menyimpan air atau tempat untuk menyimpan beras.

Cara pembuatannya mirip dengan cara membuat vas bunga. Hanyasaja ukurannya relative lebih besar dan lebar, serta terdapat tutup tambahan untuk menutup genthong.

  •  Celengan

Celengan merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari penggunanaan tanah liat. Fungsi ari celengan ini adalah sebagai tempat untuk menyimpan uang.

Bentuk dan motif celengan sangat beragam sekali, mualai dari bentuk kotak, hewan, kendi dan sebagainya dengan ukuran kecil maupu besar.

  •  Teko atau Kendhi

Kerajinan teko atau kendhi sebenarnya hampir sama dengan celengan, baik dari segi bentuk dan pembuatannya, cuma fungsinya saja yang membedaknnya.

Kerajinan ini biasanya digunakan untuk tempat air minum atau digunakan di acara-acara adat jawa.

  • Tungku Pembakaran

Tungku pembakaran ini sudah digunakan sejak zaman dahulu sebelum kompor muncul yang fungsinya untuk memasak dengan menggunakan kayu bakar.

Tungku biasanya di jual oleh para pengrajin gerabah, namun Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan cara di bawah ini.

  • Gelas dan Piring

Pembuatan gelas dan piring daritanah liat merupakan kerajinan tangan yang mempunyai nilai lebih dan keindahan tersendiri. Kerajinan ini bisa digunakan dalam sehari-hari ataupun digunakan sebagai hiasan rumah maupun hiasan yang lainnya.

 

Alat Pendukung Untuk Membuat Kerajinan dari Tanah Liat

Alat untuk Membuat Kerajinan Tanah Liat

Photo on banggood.com

Untuk membuat kerajinan bahan lunak dari tanah liat tentunya membutuhkan bantuan dari beberapa alat agar hasil yang dihasilkan bisa bagus dan sesuai harapan. Berikut ini adalah beberapa alat pendukung untuk membuat kerajinan dari tanah liat yaitu :

  • Penggiling/kayu bulat/ rol kayu untuk membuat lempengan.
  • Meja putar untuk membentuk atau membuat tanah liat menjadi bentuk lingkaran atau silinder.
  • Tali pemotong untuk memotong tanah liat atau mengambil keramik yang masih basah dari meja putar.
  • Cetakan (biasanya terbuat dari gips) untuk mencetak tanah liat sesuai dengan model yang diinginkan.
  • Butsir untuk membantu pembentukan tanah liat.
  • Pisau pahat untuk membuat dekorasi pada keramik.
  • Sudip untuk membuat hiasan saat tembikar masih basah.
  • Tungku pembakaran berguna untuk membakar keramik yang sudah kering.

 

Teknik yang Digunakaan Untuk Membuat Kerajinan dari Tanah Liat

Teknik Untuk Membuat Kerajinan Tanah Liat

Photo on blog.skillagogo.com

Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan dari bahan tanah liat ini. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya yaitu :

  • Teknik Pijit Tekan merupakan teknik pembentukan badan keramik secara manual. Caranya tanah liat dipijit tekan dari bentuk bola menjadi bentuk yang diinginkan dengan menggunakan jari-jari tangan.
  • Teknik Pilin (coiling) merupakan teknik pembentukan badan keramik atau dasar keramik secara manual dengan cara menggulung tanah liat hingga berbentuk pilin atau seperti tali.
  • Teknik putar merupakan teknik pembentukan dengan alat putar dapat menghasilkan banyak bentuk yang simetris (bulat, silindris) dan bervariasi.

Pengrajin keramik tradisional biasanya menggunakan alat putar tangan (hand wheel) atau alat putar kaki (kick wheel). Contoh kerajinan yang dihasilkan bisa berupa guci, genthong, vas bunga, dan sebagainya.

  • Teknik cetak merupakan teknik pembentukan dengan cetak dapat memproduksi barang dengan jumlah yang banyak dalam waktu relatif singkat dengan bentuk dan ukuran yang sama pula.

Bahan cetakan yang biasa dipakai terbuat dari gips, seperti untuk cetakan berongga, cetakan padat, cetakan jigger maupun cetakan untuk dekorasi tempel. Contoh hasil kerajinan yang dihasilkan bisa berupa genteng, piring, cangkir, mangkok gelas dll.

 

Tahap-Tahap Membuat Kerajinan dari Tanah Liat

pembuatan kerajinan dari tanah liat melalui beberapa tahap pembuatan yaitu :

  • Pengelolaan bahan merupakan tahap menggabungkan beberapa material yang dibutuhkan untuk membuat badan keramik plastis.
  • Pembentukan merupakan tahap mengubah badan keramik plastis yang telah siap menjadi benda-benda yang sesuai dengan keinginan pengrajin atau pesanan.
  • Pengeringan merupakan tahap untuk menghilangkan air plastis yang terikat di badan keramik agar betuk yang sudah dibentuk tidak rusak.
  • Pembakaran merupakan tahap untuk mengubah masaa yang rapuh menjadi benda yang padat, keras, dan kuat. Tahap pembakaran iniberlangsung di dalam tungku dengan suhu yang sangat tinggi.
  • Pengglasiran merupakan tahap untuk melapisi keramik melalui proses pengeringan. Glasir merupakan material yang terdiri atas beberapa bahan tanah atau batuan silikat yang akan membuat permukaan keramik seperti gelas yang mengkilap.
  1. Kerajinan dari Serat Alam

 

Kerajinan dari Serat Alam

Penggunaan serat alam untuk kerajinan tangan bisa menghasilkan berbagai macam benda-benda yang menarik dan memiliki nilai ekonomis yang lebih.

Hasil dari kerajinan ini bisa berupa tas, dompet, topi, alas meja, figura, dan sebagainya yang biasanya dibuat dengan menggunkan teknik menganyam, macramé, merajut, temple, dan jahit.

Berikut ini adalah beberapa bahan serat alamyang bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan yaitu :

  • Tanaman Eceng Gondok mempunyai serat yang lumayan kuat untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan. Eceng gondok harus dikeringkan terlebih dahulu agar seratnya bisa diambil dan mudah dibentuk.
  • Daun Pandan bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Setelah itu dibentuk dengan menggunakan teknik anyam.
  • Sabut Kelapa berasal dari kulit kelapa yang kemudian diambil sabutnya. Produk dari sabut ini berupa keset, sapu, tali , dan lain-lain.
  • Pelepah Pisang sering kali dianggap sebagai sampah yang tidak mempunyai fungsi sama sekali. Jika pelepah pisang berada ditangan-tangan orang yang penuh ide kreatif maka akan menjadi beberapa kerajinan tangan yang indah. Contoh dari produk kerajinan ini berupa lukisan, tas tenteng, sandal,tempat pensil dan lain-lain.
  • Kulit Jagung biasnya hanya dijadikan untuk pakan hewan ternak atau dibakar saja. siap sangka bahwa kulit jagung bisa dikreasikan menjadi beberapa kerajinan tangan berupa bunga, topi, tas, dan lainnya.
  1. Kerajinan dari Kulit Hewan

Kerajinan bahan lunak - kulit hewan

Photo on mibebi.com

Kerajinan berbahan baku kulit hewan ini lumayan populer dikalangan masyarakat Indonesia maupun Mancanegara. Kulit hewan yang biasa digunakan adalah kulit sapi,kambing, kerbau, buaya, ular, kelinci, dan hewan lainnya. Hasil dari kerajinan ini bisa berupa tas, sepatu, wayang, jaket, dan beberapa produk fashion lainnya.

Untuk membuat kerajian dari bahan kulit ini tentunya melalui beberapa proses yang cukup mudah. Berikut ini beberapa tahapan untuk menyamak kulit agar bisa dijadikan bahan baku yaitu :

  • Kulit hewan dipotong, dicuci, direntangkan, dan di jemur hingga kering.
  • Setelah itu kulit digosok yang bertujuan untuk menghilangkan bulu dan kotoran dengan menggunakan pisau penyayat.
  • Terakhir kulit sudah bisa digunakan sebagai bahan baku.
  1. Kerajinan dari Lilin

Kerajinan bahan lunak - lilin

Photo on netz.id

Kerajianan berbahan dasar lilin melalui proses pencairan dengan api yang besar. Untuk pembentukannya hanya cukup di cetak saja. Produk dari kerajinan ini biasanya digunakan untuk berbagai pesta, hiasan rumah, maupun yang lainnya.

  1. Kerajinan dari Sabun Batang

Kerajinan bahan lunak - Sabun Mandi

Photo on youtube.com

Sabun batang tidak hanya digunakan untuk mandi saja, akan tetapi bisa disulap menjadi kerajinan tangan yang indah dan menarik.

Produk kerajinan berbahan dasar sabun batang biasanya berupa ukuran dengan berbagai bentuk seperti bentuk hewan, tumbuhan, bunga dan lain sebagainya.

  1. Kerajinan dari Flour Clay (Tanah Liat Buatan)

Kerajinan bahan lunak - Four Clay atau tanah liat buatan

Photo on youtube.com

Kerajinan Flour Clay adalah suatu kerajinan tangan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar tanah liat buatan. Untuk membuat bahan dasar tanah liat buatan ini bisa menggunakan beberapa bahan yaitu Tepung (terigu, kanji, maizena, dsb), malam (lilin), bubur kertas, polymer dan lain-lain.

Bahan ini bisa menghasilkan produk kerajinan yang lucu dengan beberapa bentuk seperti bentuk hewan, tumbuhan, dan lainnya.

Berikut ini beberapa resep untuk membuat Clay dari tepung yaitu :

Resep I (Simple)

Bahan:

  • Tepung Kanji
  • Tepung Terigu
  • Tepung Beras
  • Pengawet Kue (natrium benzoat)
  • Lem Putih
  • Cat Poster

Cara Membuatnya:

  • Campur semua tepung kanji, terigu, dan beras dengan perbandingan 1:1:1
  • Kemudian tambahkan pengawet dan lem
  • Lalu uleni sampai kalis
  • Setelah itu campurkan pewarna dan bentuk sesuai dengan yang diinginkan

Resep II (Little)

Bahan:

  • Tepung Maizena 20 gram
  • Tepung Tapioka 20 gram
  • Tepung Beras 20 gram
  • Lem Putih 50 gram
  • Pengawet Kue (natrium benzoat)
  • Cat Poster

Cara Membuatnya:

  • Campur ketiga bahan tepung dan benzoat secukupnya
  • Kemudian tambahkan lem putih
  • Lalu uleni sampai kalis
  • Setelah itu bagi adonan menjadi beberapa bagian
  • Kemudian campurkan warna ke bagian adonan tadi, sesuai dengan yang kita inginkan
  • Setelah sudah siap, mulailah untuk membuat bentuk yang diinginkan

Resep III (Easy)

Bahan:

  • Tepung Terigu 70 gram
  • Tepung Tapioka 70 gram
  • Tepung Beras 70 gram
  • Lem Putih 180 gram
  • Cat Poster

Cara Membuatnya:

  • Campurkan bahan-bahan tersebut kecuali pewarna, kemudian uleni sampai kalis.
  • Pisahkan adonan untuk di beri warna yang di inginkan
  • Campur adonan yang telah dipisahkan dengan pewarna, aduk sampai rata.
  • Adonan yang telah diberi warna kemudian bentuk sesuai dengan bentuk yang di inginkan.

Resep IV (Complete)

Bahan:

  • Tepung jagung/ maizena        150 gram
  • Tepung beras                           150 gram
  • Tepung singkong/kanji           150 gram
  • Lem putih/kayu/fox/PVAC   350 gram
  • Benzoate                                    3 sendok makan
  • Minyak goring/baby oil           secukupnya
  • Cat poster/cat air

Peralatan:

  • Wadah untuk mencampur bahan
  • Tempat kedap udara untuk menyimpan
  • Kertas HVS yang sudah delaminating untuk alas
  • Tusuk gigi
  • Sedotan
  • Mote hitam untuk mata
  • Gantungan, peniti bros, tali, jepit rambut, dll untuk pelengkap accessories
  • Pinset,
  • Sikat gigi
  • Pisau/cutter
  • Plastik untuk kemasan

Cara Membuatnya:

  • Siapkan wadah, masukkan semua tepung dan lem putih.
  • Beri benzoate
  • Beri minyak / baby oil sedikit di pinggir wadah
  • Campur dan uleni hingga menjadi adonan yang kalis/tidak lengket
  • Dan simpan dalam wadah tertutup/kedap udara

Cara Memberi Warna:

  • Ambil adonan secukupnya di tangan
  • Beri warna dengan cat poster/cat air (tanpa diberi air)
  • Uleni adonan hingga warna yang diinginkan
  • Simpan dalam wadah tertutup
  • Lakukan untuk warna yang lain

Kerajinan dari Fiberglass

Kerajinan dari Fiberglass

Fiberglass adalah kaca yang masih berupa cair yang diolah menjadi serat-serat tipis.  kemudian serat yang tipis tadi dicampur dengan resin dan katalis sehingga menghasilkan bahan yang kuat dan tahan korosi.

Kerajinan dari fiberglass adalah kerajinan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar fiberglass yang telah dicampur dengan resin sebagai penguat baik itu resin bening maupun resin buram dan kemudian diolah, dan dibuat membentuk tiga dimensi yang memiliki nilai seni yang indah. Sehingga memberi keuntungan bagi para perajinnya.

beberapa contoh kerajinan bahan keras yang terbuat dari fiberglass yaitu bros, gantungan kunci, piala, asbak, miniature pohon, miniature hewan, miniature kapal, miniature pesawat, dan sebagainya.

Cara Membuat Kerajinan dari Fiberglass

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai kerajinan bahan keras yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi yang ingin mencoba berkreasi engan bahan-bahan diatas.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat bisa bantu share dan komen dibawah ini agar kami bisa terus mengupgrade informasi yang berkaitan dengan kerajinan bahan keras.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply