188

Reuni Akbar Milad Satu Abad Sebagai Ajang Silaturahim

Prolog

Reuni – Tahun 2018 menjadi momen indah bagi Madrasah Mu’allimin dan Mu’allimat Muhammadiyah dikarenakan kedua madrasah tersebut sudah genap berusia satu abad.

Sekolah yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan tersebut didirikan sejak tahun 1918 dengan nama Al-Qismul Arqa yang kemudian diubah menjadi Pondok Muhammadiyah (tahun 1921), lalu menjadi Kweekschool Moehammadiyah (1923).

Kemudian tahun 1924 siswa Kweekschool Islam dipisah antara pria dan wanita. Kweekschool Muhammadiyah untuk putra dan Kweekschool Istri untuk putri. Baru pada tahun 1932 Kweekschool Muhammadiyah diubah menjadi Madrasah Mu‘allimin, Kweekschool Istri diubah menjadi Mu‘allimaat.

Setahun kemudian kedua madrasah tersebut dipisah. Madrasah Mu‘allimin berlokasi di Ketanggungan Yogyakarta dan Madrasah Mu‘allimaat bertempat di Kampung Notoprajan Yogyakarta.

Dalam rangka menyemarakkan milad satu abad, Madrasah Mu’allimin dan Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta menggelar beberapa agenda yaitu seminar di 5 daerah yang masing-masing dipegang oleh Kabammmma (Keluarga Abiturien Madrasah Mu’allimin dan Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta).

Salah satu nya adalah seminar pendidikan dan family gathering yang diadakan oleh Kabammmma Jaya (Jakarta Raya).

 

Seminar Pendidikan Di Jakarta

Reuni Akbar Milad Satu Abad

Kabammma Jaya (Jakarta Raya) adalah salah satu perkumpulan alumni Mu’allimin dan Mu’allimat yang berada di lokasi Jabodetabek Dan sekitarnya.

Kabammma Jaya diberi amanah oleh madrasah untuk mengadakan seminar pendidikan yang tujuannya adalah untuk mensyiarkan Madrasah Mu’allimin dan Mu’allimat di Jabodetabek.

Agenda tersebut dilaksanakan pada tanggal 27 oktober 2018 yang bertempat di Gedung Republika Jl. Warung Buncit (Warung Jati Barat) No. 37, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia 1251

Ketika acara seminar dan sarasehan tersebut sukses berlangsung, ada perasaan lega dan bahagia karena sebagai adik kelas bisa membantu mengumpulkan alumni wilayah Jabodetabek yang notabenenya susah sekali untuk dikumpulkan akhirnya bisa berkumpul dengan melalui wasilah acara tersebut.

Acara ini dihadiri juga oleh jajaran direksi Mu’allimin dan direksi Mu’allimat beserta beberapa karyawan dan guru dari jogja. euforia milad satu abad ini lumayan berefek dengan ditandainya banyak alumni wilayah Jabodetabek yang bisa hadir untuk mengikuti acara seminar dan sarasehan ini.

Peserta yang hadir kurang lebih sekitar 100 orang baik dari alumni Mu’allimin maupun Mu’allimat.

Family Gathering 

Acara lanjutan yang diadakan Kabammma Jaya adalah family gathering yang dilaksanakan pada tanggal 25 november 2018. Family gathering ini bertujuan untuk mempererat kekeluargaan sesama alumni Mu’allimin dan Mu’allimat yang berada di Jabodetabek.

Walaupun agenda nya terbilang mendadak, kakak-kakak dan mbk-mbk antusias dalam mengikuti agenda ini. Agenda ini bertempat di kebun binatang Ragunan yang mana saya baru pertama kali masuk walaupun sudah hampir 4 tahun tinggal di Bogor.

Selain untuk momen mengakrabkan diri, kami pun mengawali dengan bertanya kabar, tinggal di mana dan aktivitas nya apa. Dan juga ada yang membawa bekal untuk dinikmati bersama sambil membahas sedikit seputar reuni akbar yang akan berlangsung pada tanggal 8 desember 2018.

Kami pun sepakat akan membawa spanduk ucapan selamat milad satu abad Mu’allimin dan Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta.

Setelah perbincangan untuk reuni akbar selesai, dilanjutkan dengan mengobrol santai terkait peresmian Ikmammmm (Ikatan Keluarga Mahasiswa Abiturien Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah) yang diserahterimakan kepada lulusan 2017.

Kami berpisah dari lokasi kebun binatang kurang lebih jam 11 siang. Ada yang melanjutkan berkeliling kebun binatang untuk menemani keluarga dan ada juga yang langsung pulang ke rumah.

Reuni Akbar Satu Abad

Reuni Akbar Milad Satu Abad

Momen yang dinantikan para alumni Mu’allimin dan Mu’allimat adalah reuni akbar yang terjadwal pada tanggal 8 desember 2018. Sebagian besar alumni sudah mempersiapkan jauh hari untuk persiapan menghadiri reuni.

Mulai dari perizinanan di tempat kerja, persiapan materi, bahkan pemesanan tiket pesawat atau kereta yang sudah sejak lama dipesan beberapa bulan sebelum acara.

Saya masuk kedalam kepanitiaan reuni akbar dengan beberapa kakak alumni yang sudah berpengalaman menjadi panitia reuni ketika tahun 2010.

Banyak sekali suka duka yang didapatkan ketika bergabung kedalam kepanitiaan ini, mulai dari pengalaman berhasil mengumpulkan alumni Mu’allimin dan Muallimat kurang lebih sebanyak 2000 orang hingga berhasil mensukseskan acara dengan persiapan yang terbilang singkat sekali.  

Alumni yang turut menghadiri reuni akbar mulai dari tahun lulusan tertua yaitu 1965 sampai lulusan paling muda yaitu 2018.

ketika hari H Sekitar jam 7 pagi para alumni sepuh sudah mulai berdatangan ke lokasi Acara. Panitia pun kebingungan sebab semua persiapan di meja registrasi belum ready karena memang acara mulai jam 10.30 pagi menunggu acara Fun Walk  di Alun-Alun Utara selesai.

Dengan persiapan yang cepat, saya pun menuju meja registrasi dan menyambut para alumni yang dibantu oleh adik-adik siwa dan siswi dari Mu’allimin dan Mu’allimat.

Panitia menyiapkan 8 spot foto yang berbeda sambil menunggu acara dimulai disempatkan dulu menjelajahi spot foto sekaligus berfoto bersama dengan teman-temannya.

Iseng-iseng saya memperhatikan para alumni yang berdatangan menuju lokasi acara nampak wajah bahagia dan berseri-seri ketika bertemu dengan teman satu angkatannya yang sudah berpuluh tahun belum pernah ketemu kembali atau bertemu dengan kakak dan adik kelas nya.

Acara mulai sekitar jam 10.30 pagi dipandu oleh Andi Aqilla dan Fafat yang merupakan lulusan Madrasah Mu’allimin dan Mu’allimat tahun 2018.

Sebelum acara di mulai ada penampilan hiburan yang dipersembahkan oleh adik-adik yaitu group hadroh dari Mu’aliimin dan group tarian dari Mu’allimat.

 

Pembagian Doorprize

Reuni Akbar Milad Satu Abad

Rangkaian demi rangkaian acara telah lerlewati, saat yang ditunggu-tunggu adalah pembagian doorprize.

Pembagian doorprize ini menggunakan berbagai pertanyaan dan game untuk menentukan psapenerima doorprize yang akan diberikan oleh panitia.

Hadiah doorprize nya pun beragam sekali, mulai dari HP, TV, kulkas, jam tangan, minyak goreng herco, powerbank, bahkan ada cincin emas.

Semua hadiah tersebut didapatkan dari berbagai sponsor, baik dari alumni sendiri maupun dari instansi lainnya.

Dengan gaya yang kocak dan elegan, MC melontarkan pertanyaan-pertanyaan dan permaianan kepada peserta reuni akbar.

Peserta dengan antusias mengangkat tangan dan menjawab satu persatu.

Setelah semua pembagian selesai, saat nya pembagian hadiah untuk yang berkategori.

Seperti salah satunya adalah kategori alumni terkompak yang didapatkan oleh alumnus Mu’allimin dan Mu’allimat tahun 1991 berupa kulkas.

Jam sudah menunjukkan pukul 17.00 yang merupakan tanda berakhir nya acara reuni akbar milad satu abad.

Usai acara ditutup oleh MC para peserta ada yang langsung pulang ke rumah, ada juga yang melanjutkan dengan reuni sendiri dengan angkatannya.

Para peserta reuni pun pulang dengan hati yang gembira karena bisa bersilaturahim dengan alumni lainnya serta mendapatkan hiburan adik- adik dan doorprize dari panitia.

Kami sebagai panitia pulang paling akhir karena membereskan sisa sisa dari acara yang telah usai. Disela-sela beberes kami pun menyempatkan foto sebagai kenang-kenagan bahwa dengan 12 orang tim lapangan mampu membuat sukses acara yang dihadiri ribuan peserta.

Semoga abad kedua Madrasah Mu’alilimin dan Mu’allimat semakin berkembang dan semakin jaya serta bisa melahirkan lebih banyak kader muda yang bisa bermanfaat untuk agama dan Negara… Aamiin

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply