The Power Of Silaturahim

Ada sebuah hadist dari Rasulullah SAW yang membuat saya selatu termotivasi untuk selalu bersilaturahim kepada semua orang. Sebab dengan bersilaturahim bisa mendapatkan banyak teman dan relasi yang efek nya akan kembali kepada kita sendiri. contohnya adalah akses informasi bertambah banyak, akses dan peluang pasar untuk bisnis, dan akses-akses kebaikan yang lainnya.

Dari Anas bin Malik RA, saya mendengar Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang ingin supaya dimudahkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah dia memperhubungkan silaturahim (HR Bukhari). 

Oleh karena itu saya ingin berbagi sedikit pengalaman yang pernah saya alami ketika bersilaturahim dengan orang-orang hebat.

 

SILATURAHIM DI YOGYAKARTA – CEO SUMMIT

Power Of Silaturahim

CEO Summit bisa diartikan sebagai pertemuan para owner yang memiliki usaha sendiri dari kalangan alumni Mu’allimin dan Mu’allimat.

Tujuan diadakan acara ini adalah sebagai sarana silaturahim sekaligus membuat perencanaan bisnis. Tema yang diusung oleh panitia adalah “bersatu untuk maju bersama” yang diharapkan mampu memberikan semangat kepada alumni agar bisa maju bersama dalam mengembangkan bisnisnya.

Baik alumni yang sudah mempunyai bisnis sendiri maupun yang belum punya bisa saling bekerja sama dalam pengembangannya.Acara ini dilaksanakan pada tanggal 18 november 2017 yang bertempat di  kantor Coconut Center Indonesia kawasan Mantrijeron Yogyakarta.

Alumni Mu’allimin dan Mu’allimat yang mengikuti acara ini cukup banyak. Peserta yang hadir mulai dari Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Madura, Semarang, Medan, dan masih banyak lagi.

Inti dari acara tersebut adalah taklshow yang menghadirkan beberapa narasumber dari alumni Mu’allimin dan Mu’allimat yaitu :

  • Mahmud Yunus (CEO Coconut Center Indonesia) mengupas seputar Diagnosa Problematika Bisnis.
  • Kahfi N Hidayat (CEO Zakka Wisata) menyampaikan Strategi Bisnis Era Digital.
  • Fajrul Falah (CEO Maxplus Water Indonesia) mengupas Kekuatan Jaringan Bisnis Alumni.
  • Amron Darojatun (CEO ActPro Realty) menyampaikan strategi modal patungan

Panitia juga turut mengundang jajaran direksi Mu’allimin untuk turut hadir dalam acara ini dan memberikan kata sambutan. Ust Aly Aulia selaku direktur Mu’allimin mensupport sekali dengan diadakannya acara ini.

Panitia juga menyediakan tempat bagi yang mau memajang produknya selama acara berlangsung. Ada beberapa produk makanan, minuman, kosmetik, busana muslim dan aksesoris karya dari alumni  kita.

Hasil dari pertemuan tersebut antara lain perlunya memperluas jaringan dengan memanfaatkan alumni yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu perlunya membangun sistem permodalan bersama dengan model crowd funding atau modal keroyokan.

Harapannya ke depan mampu membuka agen-agen pemasaran produk alumni di daerah-daerah berbasis alumni.

Beberapa hari kemudian telah resmi dibentuk CV.AMMA INDONESIA yang merupakan bisnis keroyokan alumni Mu’allimin dan Mu’allimat.

 

JAKARTA

Buka Puasa Bersama Di Menteng

Power Of Silaturahim

Madrasah Mu’allimin dan Mu’allimat Muhammadiyah mempunyai banyak sekali alumni yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Salah satunya adalah di wilayah Jabodetabek yang mempunyai komunitas alumni bernama KABAMMMMA JAYA (Keluarga Abiturien Mu’allimin Mu’allimat Muhammadiyah Jakarta Raya ).

Salah kegiatan rutin yang diadakan KABAMMMMA JAYA adalah buka puasa bersama sekaligus silaturahim ketika bulan ramadhan tiba. Tempat langganan yang biasa digunakan adalah gedung dakwah Muhammadiyah yang berada di Menteng, Jakarta Pusat.

Tahun 2018 merupakan buka puasa paling ramai dan paling banyak selama saya tinggal di Bogor 4 tahun. Peserta buka puasa ini mencapai hampir 150 orang dari berbagai lulusan mulai dari tahun 1969 sampi 2017. Untuk bisa mencapai angka tersebut, panitia melakukan persiapan yang tidak sebentar atau tidak dadakan.

Saya bersama dengan panitia mempersiapkan kurang lebih sebulan sebelum hari H dilaksanakan. karena pengalaman yang lalu sering dadakan dan hasil yang dicapai tidak maksimal.

Saya ikut senang karena bisa membantu panitia dalam mengatur acara agar alumni yang berada di Jabodetabek bisa saling bersilaturahim.

Semoga buka puasa bersama selanjutnya bisa kembali bersilaturahim. Aamiin

Jakarta Islamic Center

Power Of Silaturahim

Saat itu saya adalah mahasiswa prodi komunikasi dan penyiaran islam di Universitas Ibn Khaldun Bogor. Prodi kami terbagi menjadi dua konsetrasi ketika sudah memasuki semester 5 yaitu dakwah dan jurnalistik.

Waktu itu saya ingin sekali magang di radio walaupun konsetntrasi yang saya ambil adalah dakwah. Kebetulan sekali teman-teman dari jurnalistik ada rencana untuk kunjungan sekaligus silaturahim ke salah satu radio yang ada di Jakarta yang bernama JIC atau Jakarta Islamic Center.

Kami berangkat menuju JIC pagi-pagi sekali dengan naik bus jurusan Tanjung Priok yang ada di terminal Baranangsiang Bogor. Setelah tiba di terminal Tanjung Priok, kami melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot dan berhenti tepat di depan JIC.

Kami langsung masuk ke dalam lokasi radio dan bertemu dengan Pak Ade Suhendi selaku kepala radio JIC dan Mas Dipo Khairul yang merupakan salah satu penyiar di radio tersebut. Pak Ade dan Mas Dipo mengajak kami ke ruang rapat supaya leluasa dalam berbincang-bincang. Setelah itu kami diajak untuk masuk ke dalam ruang siaran radio dan berfoto bersama.

Kebetulan juga ketika kami melakukan kunjungan sedang ada acara JIC EXPO yang mengusung tema Halal Lifestyle. Setelah selesai urusan di radio, kami langsung menuju JIC EXPO untuk melihat-lihat apa saja yang ada di sana. Kami menyempatkan berfoto di lokasi JIC EXPO dan ditemani oleh Mas Dipo. Hari sudah mulai gelap dan kami pamit untuk melanjutkan perjalanan pulang ke rumah.

 

SILATURAHIM DI BOGOR – KAWAN DARI UNIVERSITI KEBANGSAAN MALAYSIA

Power Of Silaturahim

Universitas Ibn Khaldun Bogor mendapat kunjungan dari Universitas Kebangsaan Malaysia dalam rangka menjalankan MoU pertukaran mahasiswa / mahasiswa mobility antara 2 negara Malaysia dan Indonesia.

Jurusan yang menjalakan MoU adalah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam UIKA dengan Jabatan Pengajian Dakwah dan Kepemimpinan UKM. Kegiatan ini berlangsung beberapa hari dengan berbagai macam kegiatan yang telah disiapkan oleh pihak kampus.

Hari pertama merupakan momen perkenalan antara prodi KPI dengan Jabatan jabatan pengajian dakwah dan kepemimpinan UKM.

Hari kedua berlanjut dengan silaturahim antar mahasiswa yang dilaksanakan di dalam FIS atau forum islamis studies KPI UIKA.

Kami mengakrabkan diri disertai dengan penambahan wawasan keilmuan yang disampaikan oleh Bang Zulfunun terkait Islamic word view dan Bang Tauhid terkait public speaking.

Beberapa hari kemudian tiba saat nya kawan kami kembali ke Malaysia untuk kembali menjalankan aktivitas perkuliahan seperti biasanya. Sejak saat itu hubungan baik antara dua universitas ini berjalan baik dengan dilaksanakan pertukaran mahasiswa selama 1 semester. baik pertukaran mahasiswa KPI UIKA ke UKM maupun UKM ke KP UIKA.

Semoga kerjasama dan silaturahim ini selalu awet dan berlangsung lama. Aamiin

 

SILATURAHIM DI KABUPATEN BATANG – BERTEMU BOS AHASS LIMPUNG

Power Of Silaturahim

Ketika itu saya sedang menikmati libur kuliah di Yogyakarta. Sebelum liburan ini saya sudah ada rencana untuk silaturahim ke Limpung, Batang tapi belum bisa terealisasi. Kali ini saya bisa berkesempatan ke Limpung ditemani oleh teman saya Ahmad fathoni yang sama-sama alumni Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Kami berangkat menuju Limpung dengan menggunakan travel yang langsung turun di depan kediaman Pak Furqon Thohar. Beliau merupakan alumni Mu’allimin tahun 1988 yang juga menjabat sebagai ketua PCM (Pimpinan Cabang Muhammadiyah) Limpung.

Sesampainya kami di Limpung disambut baik oleh beliau. sekitar rumah beliau terdapat amal usaha Muhammadiyah berupa  SD, SMP dan mini market. Beliau bercerita banyak tentang pengembangan minimarket yang saat ini sudah mempunyai 2 cabang dengan penghasilan yang lumayan besar.

Kami berdua tinggal di Limpung selama beberapa hari sambil menikmati suasana pedesaan yang asri. Pak Furqon juga bercerita tentang awal beliau merintis usaha Ahass milik nya yang sekarang sudah mempunyai cabang sekitar 5 cabang yang tersebar di Limpung dan sekitarnya. Selain bersilaturahim ketempat Pak Furqon, kami juga bersilaturahim ke kediaman Pak Berlian Yusuf yang juga alumni Mu’allimin tahun 1996.

Waktu libur telah usai dan saat nya kami kembali ke Bogor untuk kembali melanjutkan aktivitas kuliah.

Sekian.

Show Comments

2 Comments

  1. Fajar Aya 21 Maret 2019
    • elfadz 22 Maret 2019

Leave a Reply