√ 6 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Saat ini bahasa Inggris tidak bisa dianggap remeh, kemampuan berbahasa Inggris menjadi suatu keharusan yang wajib dimiliki bagi setiap orang. Tidak sedikit orang yang telah belajar bahasa Inggris namun harus terhenti ditengah jalan karena tidak sungguh-sungguh dan tidak menerapkan cara yang benar. Tahukah anda bahwa ada tips khusus belajar bahasa Inggris agar menjadi mudah dan menyenangkan.

Pada umumnya belajar bahasa Inggris tidak begitu sulit kok. Selama anda konsisten dalam belajar, bukan tidak mungkin anda bisa mahir bahasa Inggris. Bila anda merasa kesulitan dalam mempelajarinya, mungkin tips belajar bahasa Inggris berikut bisa anda praktikan.

Tips Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris

  1. Langganan Channel Belajar Bahasa Inggris di Youtube

Manfaatkan aplikasi youtube pada gadgetmu sebaik mungkin. Daripada kamu harus membuang banyak kuota dan waktu hanya untuk melihat tayangan yang belum tentu jelas di Youtube, cobalah cari konten belajar bahasa inggris.

Saat ini banyak sekali channel youtube yang menyediakan konten-konten yang berisi materi belajar bahasa Inggris. Bahkan ada juga yang memberikan strategi tips dan trik belajar bahasa Inggris dari nol lho. Beberapa channel rekomendasi yang bisa kamu subscribe untuk belajar bahasa Inggris adalah  channel guruku Mr D dan Sacha Stevenson.

Namun sebenarnya masih banyak lagi channel yang bisa kamu jadikan rujukan. Yang terpenting ialah kamu menonton dan mempelajarinya.

  1. Nonton Film Berbahasa Inggris Tanpa Subtitle Indonesia

Bila kamu suka nonton film luar negeri, kamu bisa memanfaatkan hobi kamu yang satu ini untuk mempelajari bahasa Inggris. Cari film berbahasa Inggris kesukaanmu. Namun kali ini kamu tidak boleh mengaktifkan subtitle Indonesia saat menonton film.

Bila kamu ingin menerapkan tip berbahasa Inggris dengan cepat cobalah mulai sekarang untuk mengaktifkan subtitle bahasa Inggris ketika menonton film Hollywood. Cobalah untuk memahami jalan cerita film dengan membaca subtitle bahasa Inggris dan simaklah bagaimana cara mereka mengucapkan setiap katanya.

Perhatikan betul-betul tiap dialog yang disampaikan para aktor dalam film tersebut dengan baik. Mulai dari cara pelafalannya, arti maknanya, hingga cara penggunaan setiap kata bahasa Inggris. Dengan cara ini dapat melatih otak kamu untuk lebih mengerti arti kata kata bahasa Inggris dengan lebih komprehensif.

Bila kamu lebih cepat lagi, catatlah setiap kata yang tidak kamu mengerti di dalam buku catatan. Selanjutnya cari arti kata tersebut dan coba hafalkan serta rangkai menjadi sebuah kalimat yang tepat.

  1. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Tips belajar bahasa Inggris yang ketiga yaitu mendengarkan musik berbahasa Inggris. Meski cara belajar yang satu ini terkesan hiburan namun banyak yang membuktikan bahwa belajar bahasa inggris melalui cara ini tidak mengecewakan.

Strategi belajar bahasa inggris melalui mendengarkan lagu ini, harus kamu baca dan dalami setiap liriknya. Carilah kata-kata pada lirik yang tidak kamu mengerti artinya. Kemudian kamu bisa menghapalkan sedikit demi sedikit liriknya.

  1. Latihan Speaking dan Jangan Takut Salah

Latihan Speaking

Setelah belajar bahasa Inggris online, sekarang saatnya kamu harus mempraktikkan. Kemampuan bahasa Inggris kamu tidak akan maksimal bila tidak disertai dengan praktek. Carilah teman-temanmu yang juga ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Ajak temanmu untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Hal seperti ini tidak berarti sok keinggris-inggrisan ya, namun hanya untuk membiasakan lidah untuk melafalkan bahasa inggris.

Atau juga kamu bisa bergabung dengan komunitas belajar bahasa Inggris ditempatmu. Belajar dengan banyak orang yang memiliki tujuan yang sama akan sangat membantumu mengenai pengalaman dan strategi belajar bahasa Inggris.

Selalu percaya diri dan jangan takut salah atau malu untuk mengucapkan kalimat bahasa Inggris. Dengan kebiasaan kamu mempraktikkan bahasa inggris, maka kemampuanmu akan terlatih dan bukan tidak mungkin kamu akan mahir dalam bahasa Inggris.

  1. Membaca, Menulis dan Berdiskusi

Tips belajar bahasa Inggris berikutnya adalah kegiatan literasi. Kegiatan literasi ini ada tiga, antara lain membaca, menulis dan berdiskusi.

Langkah pertama kamu dapat membaca berbagai macam buku berbahasa Inggris. Buku ini bisa novel, komik, majalah maupun berita berbahasa Inggris. Carilah bacaan kesukaanmu yang ditulis dengan bahasa Inggris dan dalami arti dan maksudnya.

Tahap kedua adalah kamu harus membiasakan untuk sering menulis dalam bahasa Inggris, entah menulis sederhana, cerita maupun penelitian. Selain itu, kamu juga bisa dengan menulis apapun yang kamu mau dan sukai dengan aturan bahasa Inggris yang benar ya.

Ketiga, cobalah untuk membiasakan berdiskusi dengan bahasa Inggris, baik dalam diskusi sederhana maupun perdebatan yang serius.

Kegiatan literasi dalam bahasa Inggris ini akan mengasah kemampuan otak, kepercayaan diri serta ketrampilan berbahasa Inggris.

  1. Jangan Pernah Menyerah

Jangan Pernah menyerah

Tips belajar bahasa Inggris yang terakhir adalah, jangan pantang menyerahy untuk belajar dan berusaha. Selalu asah kemampuanmu, karena tidak ada hasil yang didapatkan tanpa ada proses yang harus dilalui.

Penutup 

Itulah beberapa tips belajar bahasa Inggris yang bisa kami bagikan buat kamu. Jangan lupa jika menguasai bahasa Inggris sangatlah penting dan memiliki banyak manfaat buat kamu. Tanpa ada ketrampilan bahasa Inggris kamu pasti akan tertinggal jauh. Bagi anda yang ingin benar benar mahir berbahasa Inggris, kami merekomendasikan tempat kursus inggris yang tepat bagi kamu semua.

Dengan metode belajar yang sangat baik dan pengajar yang profesional dijamin akan membuat kamu cepat dalam menguasai bahasa Inggris.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *