1
46

5+ Ukuran Amplop Populer Indonesia Wajib Anda Tahu

Amplop merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan suatu dokumen berharga. Biasanya dokumen tersebut ditujukan atau dikirim kepada pihak lain. Beberapa amplop memiliki ukuran yang bervariasi.

Bentuk amplop yang bervarias tersebut tergantung pada fungsi maupun kegunaan dari amplop tersebut. Di samping bentuknya, amplop juga mempunyai warna yang tidak kalah beragam. Warna amlop paling umum adalah cokelat dan putih.

Warna amplop juga menentukan fungsi serta kegunaan bagi si pengirim. Amplop cokelat biasnaya digunakan untuk mengirim dokumen, membungkus uang gaji dan sebagainya. Sementara itu, amplop putih berfungsi sebagai pembungkus undangan, pembungkus surat dinas dan lainnya.

 

Jenis dan Ukuran Amplop Umum di Indonesia

Jenis dan ukuran amplop

Gambar oleh photoAC dari Pixabay

Amplop atau yang dalam bahasa Belanda disebut sebagao envelop adalah sarana pelindung dan pembungkus surat maupun barang berharga lain yang akan dikirimkan kepada seseorang. Tujuannya, agar barang apapun yang tengah dikirimkan tersebut terjaga kerahasiaannya.

Suatu amplop biasanya terbentuk dari kertas yang sudah dipotong sedemikian rupa membentuk belah ketupat. Amplop juga bisa berbentuk persegi panjang dalam segala ukuran baik kecil maupun besar sesuai dengan tujuan penggunaan amplop.

Beberapa jenis amplop juga mempunyai jendela atau tembus pandang. Hal ini membuat nama maupun alamat penerima surat bisa ditulis dalam surat sendiri. Jadi, amplop tembus pandang tersebut hanya berfungsi sebagai wadah pengiriman saja.

Amplop yang umum digunakan di Indonesia terdiri atas berbagai macam jenis. Jenis-jenis amplop tersebut menyesuaiakan dengan fungsi maupun kegunaan dari amplop tersebut. Adapun contoh dari jenis-jenis amplop yang umum digunakan di antaranya sebagai berikut.

  1. Amplop bisnis

Bagi yang bekerja di suatu perusahaan, taentu tidak akan merasa asing dengan yang namanya amplop bisnis. Amplop bisnis merupakan salah satu jenis amplop yang memiliki ciri khusus yakni pada bagian kopnya memiliki logo dan nama perusahaan yang memiliki maupun menggunakan amplop tersebut.

Amplop bisnis digunakan untuk mengirimkan surat kepada rekan bisnis yang erat kaitannya dengan urusan bisnis di antara mereka. Adapun contoh amplop bisnis biasanya memiliki latar belakang warna putih dengan penempatan nama dan logo perusahaan pada bagian sudut kanan atas muka amplop.

  1. Amplop resmi

Hampir mirip dengan amplop bisnis, amplop resmi merupakan salah satu jenis amplop yang sering digunakan pada berbagai macam keperluan kantor. Biasanya amplop ini digunakan sebagai pengirim surat kepada mitra kerja. Selain sebagai pembungkus, amplop resmi juga berguna untuk melindungi kerahasiaan isinya.

Bentuk atau size dari amplop resmi ini biasanya dapat dimasuki kertas berukuran A5. Kertas ini sering digunakan untuk penulisan surat berharga bagi instansi resmi.  Contoh amplop resmi biasanya memiliki kop pada bagian muka amplop.

  1. Amplop pendek

Bagi Anda yang kerap kondangan atau menghadiri acara amal tertentu, maka tidak asing dengan amplop satu ini. Bisa dikatakan bahwa amplop ini sangat kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contoh amplop biasa yang paling sering dijumpai ialah adanya bingkai warna merah dan biru pada setiap sisinya.

Amplop pendek juga sering disebut dengan nama amplop mini. Amplop ini berfungsi sebagai penyimpan maupun pengirim dokumen kecil dan uang pada acara tertentu.

  1. Amplop kartu

Amplop kartu bukan termasuk ke dalam kategori amplop resmi. Amplop ini berperan sebagai pembungkus berbagai macam kartu ucapan dengan size yang sangat beragam. Terutama pada momen menjelang natal seperti ini, tentu banyak orang yang menggunakan amplop kartu sebagai pengantar kado bagi orang spesial.

Selain sering digunakan sebagai pelindung kartu ucapan natal, amplop kartu juga kerap digunakan sebagai pembungkus kartu ucapan lebaran. Amplop ini juga mudah Anda jumpai pada perayaan imlek sebagai pembungkus angpao imlek dengan nuansa khas Tionghoa berwarna merah dan emas.

Amplop tidak resmi ini mempunyai ragam warna yang cukup ceria karena menyajikan pilihan warna cerah. Biasanya warna amplop yang dikirimkan oleh seseorang akan senada dengan warna bungkus kado yang ikut dikirimkan. Lantas, apakah Anda sudah pernah menggunakan amplop ini?

  1. Amplop panjang

Amplop panjang adalah mempunyai ukuran yang berkebalikan dari amplop pendek. Amplop ini memiliki nampak begitu mirip dengan amplop pendek, hanya saja bentuknya cenderung lebih panjang. Amplop ini seringkali digunakan sebagai penyimpan surat resmi maupun tidak resmi.

Fungsi lain dari amplop panjang ialah untuk menyimpan sejumlah uang yang akan dikirimkan kepada seseorang. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang menggunakan amplop panjang guna menghadiri acara kondangan maupun penggalangan dana dan amal tertentu.

  1. Amplop besar

Amplop besar adalah salah satu jenis amplop yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan lima jenis amplop sebelumnya. Disebut dengan amplop besar karena memang amplop ini memiliki bentuk yang relatif lebih besar dibanding bentuk amplop lainnya.

Amplop yang biasanya berwarna cokelat ini berukuran layaknya kertas F4. Biasanya amplop ini akan digunakan untuk memasukkan berkas dan dokumen lamaran pekerjaan. Bagi para jobseeker, tentu tidak akan asing dengan amplop ini. Benar?

 

Ukuran Standar Amplop Putih Indonesia

Ukuran Standar Amplop Putih

Gambar oleh Settergren dari Pixabay

Anda tentu banyak menjumpai amplop dalam berkehidupan sehari-hari. Biasanya, amplop digunakan untuk menyimpan dan melidungi dokumen penting maupun sarana surat-menyurat. Terkadang amplop juga digunakan sebagai tempat menaruh uang dalam transaksi tunai agar memberi kesan sopan.

Terdapat beberapa macam amplop yang bisa Anda jumpai secara luas di pasaran Indonesia. Macam amplop tersebut juga bisa dikategorikan berdasarkan bentuk, fungsi maupun warnanya. Adapun contoh ukuran amplop standar Indonesia warna putih yang umum dijumpai di antaranya sebagai berikut.

No.Jenis AmplopStandar Amplop (mm)Standar Amplop (inc)Ukuran Kertas
1.Amplop C6114 x 162 mm4,5 x 6,4 incISO A6 (kertas A4 dilipat dua sebanyak dua kali)
2.Amplop C781 x 114 mm3,2 x 4,5 incISO A7 (kertas A6 yang dilipat menjadi dua sebanyak dua kali)
3.Amplop C7/C681 x 162 mm3,19 x 6,4 inc1/3 dari size ISO kertas A5
4.Amplop C6/C5114 x 229 mm4,5 x 9 inc1/3 dari size ISO kertas A4
5.Amplop C5162 x 229 mm6,4 x 9 incISO A5 (kertas A4  yang dilipat dua sejumlah satu kali)
6.Amplop C4229 x 324 mm9 x 12,8 incISO A4
7.AmplopC3324 x 458 mm12,8 x 18 incISO A3
8.Amplop B6125 x 176 mm4,9 x 6,9 incISO C6
9.Amplop B5176 x 250 mm6,9 x 9,8 incISO C5
10.Amplop B4250 x 353 mm9,8 x 13,9 incISO C4
11.Amplop E4280 x 400 mm11 x 15,75 incISO B4

 

Ukuran Standar Amplop Cokelat Indonesia

Ukuran Standar Amplop Coklat

gambar dari champion.id

Selain amplop berwarna putih, amplop berwarna cokelat juga merupakan jenis amplop yang banyak digunakan oleh masyarakat luas. Penggunaan amplop cokelat di antaranya sebagai penyimpan dokumen berharga, pelindung surat lamaran kerja hingga pembungkus uang gaji.

Amplop cokelat memiliki fungsi utama korespondensi yakni amplop yang berukuran besar digunakan untuk mengirim dokumen penting. Sementara itu, amplop cokelat dengan bentuk kecil digunakan sebagai pelindung surat penting maupun tembusan pada bagian divisi yang dituju.

Tahukah Anda bahwa amplop cokelat juga bisa digunakan sebagai andalan pengganti paperbag polos untuk membungkus kado. Untuk membungkus kado dengan menggunakan amplop cokelat tersebut, Anda hanya perlu menambahkan spidol hitam untuk mengkreasikan motif amplop Anda.

Anda boleh menambahkan tali, pita, kartu ucapan maupun potongan tanaman lainnya sebagai ornamen pembungkus kado tersebut. Selain murah meriah, Anda juga akan semakin terlatih kreatif dalam membungkus kado.

Amplop berwarna cokelat ini tersedia dalam berbagai macam bentuk. Adapun contoh ukuran amplop standar Indonesia yang berwarna cokelat di antaranya sebagai berikut.

No.Jenis AmplopStandar Amplop
1.Amplop cokelat double folio (buka samping)32,5 x 43 cm
2.Amplop cokelat super map (buka samping)29 x 38,5 cm
3.Amplop cokelat folio (buka samping)34,5 x 24 cm
4.Amplop cokelat A4 (buka samping)30 x 21,5 cm
5.Amplop cokelat qwarto (buka samping)27 x 21 cm
6.Amplop cokelat ½ folio (buka samping)19 x 25 cm
7.Amplop cokelat super kabinet (buka samping)26 x 14 cm
8.Amplop cokelat kabinet (buka samping)24 x 11 cm
9.Amplop cokelat 90 (buka atas)11 x 23 cm

 

Cara Cetak Ukuran Amplop di Microsoft Word

Cetak amplop dari word

Gambar oleh TPHeinz dari Pixabay

Mencetak atau print amplop melalui aplikasi microsoft word bukan merupakan hal sulit dilakukan. Seperti halnya saat Anda mencetak ukuran x banner. Anda dapat dengan mudah mencetak desain amplop yang Anda mau melalui bagian dari aplikasi microsoft office ini.

Yang perlu Anda perhatikan sebelum mencetak amplop di microsoft word ialah ukuran standar amplop di word. Selanjutnya Anda hanya perlu fokus pada bagaimana cara membuat dan mencetak amplop di word sebagai berikut.

  1. Ukur amplop menggunakan mistar dan catat dalam satuan mlimeter.
  2. Buka aplikasi microsoft word pada perangkat komputer Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi microsoft word 2007, 2010, 2013 maupun 2016.
  3. Pilih toolbar mailings. Klik menu envelopes.
  4. Dalam kotak dialog envelopes and label, pilih menu options.
  5. Dalam kotak dialog envelopes options, pilih model maupun size amplop sesuai dengan size amplop yang Anda gunakan.
  6. Anda juga bisa menggunakan menu custome size jika size yang Anda mau tidak tersedia dalam kotak dialog envelopes options tersebut.
  7. Selanjutnya, Anda bisa langsung mencetak atau print amplop yang dibuat.

Jika Anda sudah membuat size amplop yang diinginkan, selanjutnya Anda tinggal mencetaknya. Adapun cara mencetak amplop di microsoft word di antaranya ialah seperti berikut.

  1. Periksa kembali settingan amplop yang Anda buat. Anda bisa mengecek kembali bagian kop amplop maupun data yang Anda masukkan. Caranya adalah dengan menekan menu print dan pilih print preview.
  2. Jika semua sudah sesuai, maka Anda tinggal menekan tombol print.
  3. Jangan lupa untuk mengatur posisi amplop pada mesin cetak Anda dengan benar. Jika Anda masih ragu, maka Anda bisa mencobanya terlebih dahulu.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply