146

4+ Alternatif Ukuran Kartu Nama Wajib Anda Tahu

Jika membicarakan persoalan kartu nama, tentu tidak lepas dari yang namanya bahan pembuatan, desain hingga ukuran kartu nama. Khususnya persoalan ukuran dari kartu nama atau ID card tersebut, tentu perlu mendapatkan perhatian lebih. Hal ini karena tiap ukuran dari id card cenderung berbeda.

Tiap-tiap negara mempunyai standar ukuran id card yang relatif tidak sama. Seperti halnya ukuran id card Indonesia yang tentu saja berbeda dengan ukuran id card dari negara lain. Tidak ada kriteria paten dari ukuran standar kartu nama. Hal ini karena model kartu nama menyesuaikan dengan keinginan pemakai.

Kartu id bermanfaat sebagai tanda pengenal maupun penunjuk identitas. Selain itu, kartu id juga digunakan sebagai pemberi informasi singkat usaha yang dijalankan, produk dan promosi tertentu. Terutama bagi pengusaha, kartu nama sangat berpengaruh besar terhadap keberlangsungan bisnis tersebut.

Ukuran Kartu Nama Standar Setiap Negara

Ukuran Kartu Nama Standar Setiap Negara

Ukuran standar kartu nama yang dimiliki tiap-tiap negara cenderung berbeda. Meski demikian, hal tersebut tidak lantas akan mengurangi fungsi maupun kegunaannya. Berikut ini adalah beberapa contoh ukuran id card standar tiap-tiap negara di dunia yang bisa menjadi referensi bagi Anda.

  1. Indonesia

Ukuran standar id card nasional yang kerap digunakan ialah 90 x 55 mm. Ukuran kartu nama Indonesia ini relatif lebih besar dibanding ukuran id card dari negara lain di dunia.

  1. Jepang

Negara yang beribukota Tokyo ini mempunyai standar ukuran id card yakni 91 x 55 mm. Ukuran ini satu milimeter lebih panjang dibandingkan standar panjang kartu nama Indonesia.

  1. Hungaria

Hungaria memiliki standar ukuran id card yaitu 90 x 50 mm. Standar ukuran id card di negara ini sama dengan standar ukuran id card yang digunakan di Republik Ceko.

  1. Inggris

Di negara Inggris, ukuran standar id card yang digunakan adalah 85 x 55 mm. Ukuran ini serupa dengan ukuran standar id card yang diterapkan di negara Spanyol dan Italia.

  1. China

Standar 90 x 54 mm adalah kriteria standar kartu nama yang diterapkan di negara China. Ukuran ini satu milimeter lebih sempit dibanding lebar ukuran id card yang dimiliki negara Jepang.

  1. Selandia Baru

Pada negara Selandia Baru atau New Zealand memiliki standar ukuran untuk kartu nama sebesar 90 x 55 mm. Ukuran ini juga ditetapkan sebagai standar ukuran id card yang ada di negara Australia.

Di samping beberapa ukuran standar dari kartu nama yang diterapkan di negara-negara tersebut, sejatinya terdapat ukuran lazim standar percetakan kartu nama yang sering digunakan. Adapun standar ukuran tersebut yaitu 90 x 55 mm.

Ukuran Kartu Nama Secara Umum

Ukuran Kartu Nama Secara UmumUkuran suatu kartu nama sejatinya cukup bervariasi. Akan tetapi, terdapat beberapa ukuran dari id card yang umum digunakan. Adapun standar ukuran id card yang dapat Anda simak di antaranya sebagai berikut.

  1. KTP

Ukuran standart kartu nama pertama yang paling banyak disoroti ialah KTP. Ukuran KTP terbaru yakni E-KTP yang diterapkan di negara ini sudah sesuai dengan standar ISO 7810. Ukuran kartu pengenal yang krusial bagi penunjuk identitas ini adalah 85,60 x 53,98 mm.

Dahulu, ukuran kartu identitas (KTP) ini dibuat dalam ukuran pixel. Ukuran kartu nama dalam pixel dari KTP lama ini adalah 1011 x 638 pixel.

  1. Id card

Id card penting digunakan sebagai penunjang kebutuhan organisasi, kepengurusan maupun kepanitiaan acara tertentu. Biasanya ukuran id card yang digunakan oleh peserta maupun panitia dalam acara tersebut sangat bervariasi. Misalnya, 97,00 x 137,00 mm.

Terdapat ukuran desain kartu nama dari id card lainnya seperti 95,00 x 119,00 mm, 81,00 x 112,00 mm dan 58,00 x 86 mm. Selain macam-macam ukuran tersebut, id card juga menggunakan standar ukuran penomoran.

Misalnya, B1 dengan ukuran panjang 102 x 65 mm dan B2 dengan ukuran panjang 126 x 79 mm. Di samping itu, standar pengukuran dengan penomoran lainnya adalah B3 dengan ukuran panjang 126 mm x 95 mm serta B4 dengan ukuran panjang 155 x 106 mm.

Kartu nama juga dapat dicetak menggunakan standar A1 yaitu dengan ukuran panjang 100 x 68 mm serta A22 dengan ukuran panjang 106 x 82 mm. Ukuran-ukuran id card tersebut dapat Anda cetak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Ukuran Kartu Nama di Photoshop

Ukuran Kartu Nama di Photoshop

Bagi Anda yang mempunyai tingkat kreativitas tinggi, maka Anda bisa mendesain sendiri kartu nama yang diinginkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi photoshop. Pengerjaan kartu nama tersebut harus serius agar mendapatkan hasil yang optimal.

Jika Anda menggunakan aplikasi gambar tersebut untuk membuat id card, maka Anda perlu menyesuaikan ukuran kartu nama di photoshop itu dengan standar ISO. Adapun langkah-langkah membuat kartu nama melalui aplikasi yang dapat Anda unduh dengan mudah pada perangkat komputer tersebut ialah sebagai berikut.

  1. Bukalah aplikasi photoshop.
  2. Tekan tombol ctrl + n untuk membuat lembar kerja baru.
  3. Atur width dan height pada lembar kerja Anda. Sesuaikan ukuran panjang maupun lebar dari kartu id.
  4. Edit informasi, elemen maupun ukuran font kartu nama sesuai dengan keinginan Anda.
  5. Tekan tombol ok.

Anda bisa mulai mencetak contoh kartu nama bisnis terlebih dahulu sebagai model percobaan percetakan kartu nama dengan aplikasi photoshop.

Ukuran Kartu Nama di Microsoft Word

Ukuran Kartu Nama di Microsoft Word

Tahukah Anda bahwa membuat ukuran kartu id juga dapat Anda lakukan melalui microsoft word. Cara membuat ukuran kartu nama di word terbilang cukup mudah dan sederhana. Caranya ialah sebagai berikut.

  1. Klik file.
  2. Pilih new.
  3. Cari template kartu nama pada kolom pencarian di jendela pembuatan baru.
  4. Edit informasi maupun elemen lain yang ada pada template kartu nama pilihan Anda.
  5. Cetak kartu nama.

Anda bisa mencetak kartu nama dengan ukuran standar AS yaitu 8,75 x 5 cm. Selain itu, Anda juga dapat mencetaknya dengan ukuran kartu nama dalam cm lain yakni 5 x 8,75 cm untuk model vertikal. Adapun jenis kertas yang bisa Anda gunakan untuk mencetak adalah ukuran kertas F4.

Ukuran Kartu Nama di Corel Draw

Ukuran Kartu Nama di Corel Draw

Selain menggunakan aplikasi photoshop, membuat ukuran dari sebuah kartu nama juga dapat Anda lakukan melalui aplikasi corel draw. Cara membuat ukuran kartu nama di corel draw dirasa cukup mudah dan simple. Adapun cara membuat kartu nama tersebut di antaranya sebagai berikut.

  1. Tekan tombol ctrl + n untuk membuat dokumen kerja baru.
  2. Buatlah persegi panjang pada rectangle tool dengan ukuran 90 x 55 mm atau 9 x 5,5 cm.
  3. Edit format maupun elemen lain menggunakan menu tools.
  4. Beri warna pada kartu nama tersebut dengan fountain fill.
  5. Hilangkan garis tepi semua objek pada kartu nama.
  6. Cetak kartu nama.

Anda bisa mencetak kartu nama yang telah dibuat dengan menggunakan ukuran brosur atau sesuai dengan selera. Anda bisa mulai mencetak contoh kartu nama pribadi terlebih dahulu sebagai model percobaan pembuatan kartu nama menggunakan aplikasi ini.

Penutup

Demikian artikel mengenai ukuran kartu nama yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk pribadi maupun teman-teman.

Apabila ada pertanyaan bisa langsung komen di kolom komentar. Sekian dan Terimakasih 🙂

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply